Akhirnya! BOJ Keluar dari Suku Bunga Negatif

Baca artikel di situs FBS

Bank of Japan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam 17 tahun pada hari Selasa (19/03/2024), menandai berakhirnya kebijakan ultra-longgar selama hampir satu dekade karena meningkatnya keyakinan bahwa “siklus baik” dari target inflasi dan stabilitas upah akan tercapai.

BOJ juga mengisyaratkan akan secara bertahap mengurangi pembelian surat berharga komersial dan obligasi korporasi, dengan maksud untuk menghentikan pembelian dalam satu tahun – dengan dua langkah tersebut menandai berakhirnya kebijakan pengendalian kurva imbal hasil bank tersebut.

BOJ mengatakan akan mempertahankan suku bunga panggilan semalam dalam kisaran 0% hingga 0,1%, dan menerapkan suku bunga 0,1% pada saldo rekening giro yang disimpan oleh lembaga keuangan di bank tersebut.

Langkah ini dilakukan hanya beberapa minggu setelah serikat pekerja Jepang memenangkan kenaikan upah besar-besaran dari pengusaha untuk tahun ini, sementara data menunjukkan inflasi Jepang tetap stabil dan perekonomian berhasil menghindari resesi pada kuartal keempat.

OUTLOOK USDJPY

USDJPYH1 18032024.png

Pasangan mata uang USDJPY bergerak naik setelah BoJ menaikan suku bunganya keluar dari suku bunga negatif. Kenaikan ini membuat USDJPY sentuh resistance 150.41 dan berbalik koreksi. Ini membuka peluang untuk koreksi menuju support 149.81.

Waspadai gerak bullish lanjutan di atas 150.41 untuk menuju target bullish 150.88.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.