Analisa Kebijakan Moneter Bank Of Japan

Baca artikel di situs FBS

Bank of Japan hari ini akan merilis kebijakan moneternya pada pagi hari dan pada siang harinya baru akan diadakan konferensi press atas kebijakan yang diambil. Kebijakan moneter yang akan diambil oleh ketua BOJ Haruhiko Kuroda hari ini cukup krusial karena satu hari sebelum The Fed membuat kebijakan moneter.

Para pengamat ekonomi banyak memprediksi bahwa Kuroda tidak akan banyak merubah kebijakan yang ada walaupun banyak yang berpendapat bahwa BOJ akan mengikuti kebijakan ECB yang cenderung lebih dovish kedepannya, karena ada resiko perang dagang dan tidak adanya kesepakatan Brexit antara Inggris dan Uni Eropa, dibawah pemerintahan Inggris yang baru Boris Johnson.

Kebijakan moneter Bank of Japan bulan lalu antara lain :

  • Tetap mempertahankan suku bunga -0,1% sampai musim semi 2020
  • Tetap mempertahankan QE 80 trilliun yen / tahun

Keadaan saat itu tentunya didukung oleh data ekonomi Japan yang sulit keluar dari jalur deflasi, dan untuk saat ini data ekonomi negara Sakura ini memberikan banyak kemajuan dibandingkan bulan lalu dimana ada kenaikan dalam laju tingkat inflasi dan solidnya data disektor tenaga kerja.

Data ekonomi dari sector pabrikan memang belum dapat dikatakan baik karena data manufacturing PMI masih terlihat pada index 49,6 walaupun sedikit lebih baik dibandingkan dengan data sebelumnya.

Tingkat inflasi yang masih di bawah 1% merupakan tantangan utama bagi BOJ agar dapat keluar dari zona deflasi. Keadaan perekonomian dalam negeri Japan dan adanya resiko perang dagang serta perang mata uang kedepannya, tentunya membuat kebijakan moneter BOJ kedepannya masih akan bersifat dovish.

Trading Plan pair USDJPY  :

Buy Limit 108.51 – 108.34 dengan Target 108.98

Buy Limit 107. 76 dengan Target 108.34

Buy Stop 109.00 dengan Target 109.54

Sell Stop 108.30 dengan Target 107.76

USDJPY Timeframe Daily 

usdjpy 30 juli.png

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.