AUDJPY Berbalik Arah dan Turun tajam Pasca Pengumuman Suku Bunga RBA

Baca artikel di situs FBS

Gubernur Reserve Bank of Australia, Philip Lowe, umumkan kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps). Kelanjutan kenaikan suku bunga oleh bank sentral Australia ini justru lebih rendah dari ekspektasi pasar yakni kenaikan suku bunga sebesar 50 bps.

Ekspektasi kenaikan sebesar 50 bps kelima berturut-turut oleh pasar karena tekanan harga masih belum menunjukkan tanda-tanda puncak. Pengumuman kenaikan suku bunga sebesar 50 bps akan mendorong Official Cash Rate (OCR) sangat dekat dengan target suku bunga 3,85%. Di mana setelah kenaikan suku bunga sebesar 25 bps ini, OCR berada di 2,6%.

Beralih ke Tokyo, investor masih dikhawatirkan oleh keharmonisan yang hancur di Jepang menyusul Korea Utara dilaporkan telah menembakkan rudal balistik lainnya di utara negara itu. Menanggapi hal itu, pemerintah Jepang mengimbau warga untuk berlindung, dan menanggapi aksi tersebut mengutuk keras seraya mengatakan peluncuran rudal balistik berulang baru-baru ini keterlaluan.

Dari faktor data ekonomi, Biro Statistik Jepang telah merilis data Indeks Harga Konsumen (CPI) Tokyo, yang masih lebih rendah di 2,8% dibanding proyeksi 3,0% dan rilis sebelumnya 2,9%. Sementara CPI inti meningkat menjadi 1,7% berbanding ekspektasi 1,5% dan laporan sebelumnya 1,4%.

Reaksi Pasar:

Pasca pengumuman kenaikan suku bunga, pasangan AUD/JPY justru mencatat penurunan meski sesaat setelah rilis data berhasil memulih dan saat ini bergerak di area 93.82/93.62.

Tren:

Tren AUDJPY saat ini mulai menunjukkan tren bearish, setelah berbalik arah pasca rilis pengumuman suku bunga Bank Sentral Australia.

Trading Signal:

Sell AUDJPY pada level 93.25 dengan target profit pada level 93.00/92.90

Buy AUDJPY pada level 93.98 jika berhasil kembali menguat, dengan target profit pada level 94.94.35/94.45

AUDJPY 04102022.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.