AUDUSD Berupaya Keras Pulih Dari Level Terendah Intraday

Baca artikel di situs FBS

AUDUSD berupaya rebound dari level penurunan intraday kembali naik menembus di atas level 0,6600 menyusul data positif dari China di awal perdagangan Senin (05/06/2023). Dukungan bagi pemulihan pasangan Aussie ini diyakini berasal dari rilis data di awal sesi Asia yang menunjukkan peningkatan inflasi di Australia.

Indeks aktivitas jasa PMI Caixin China meningkat menjadi 57,1 untuk bulan Mei sesuai dengan perkiraan pasar naik dari rilis sebelumnya di 56,4. Sebelumnya pada hari ini, TD Securities melaporkan Inflasi bulanan Australia naik menjadi 0,9% pada bulan Mei dibandingkan dengan sebelumnya 0,2%. Akan tetapi, data inflasi Australia di tingkat tahunan melemah dan seakan melengkapi kondisi penurunan laba operasi bruto perusahaan Australia untuk kuartal pertama yang menyebabkan AUDUSD menguat.

Di sisi lain, spekulasi akan sikap hawkish Fed dan kekhawatiran geopolitik membebani pergerakan AUDUSD, terutama di tengah kekhawatiran terhadap perubahan kebijakan Reserve Bank of Australia (RBA). Ekspektasi the Fed menaikkan suku bunga 0,25% pada bulan Juni saat ini meningkat, sementara ekspektasi pasar terhadap pemangkasan suku bunga oleh Fed di tahun 2023 justru turun setelah data Nonfarm Payrolls (NFP) pada Jumat lalu mengejutkan pasar.

Reaksi Pasar

Terlepas dari semua kondisi di atas, kekhawatiran baru-baru ini mengenai sikap dovish RBA, terutama setelah data inflasi Australia yang mengecewakan sebelumnya dan langkah-langkah yang diambil oleh Reserve Bank of New Zealand (RBNZ), berpotensi melemahkan AUDUSD.

Tren

AUDUSD mengumpulkan kekuatan untuk pulih dari level terendah intraday di level 0,6587 setelah data positif dari China. Pasangan Aussie ini masih berpotensi melanjutkan rebound karena pasar menunggu data ekonomi AS hari ini meski masih adanya kegelisahan atas sikap RBA, dan spekulasi hawkish Fed.

Rencana Perdagangan

Potensi BUY AUDUSD dapat dipertimbangkan pada level 0,6615 dengan target profit pada level 0,6625/0,6645.

Potensi SELL AUDUSD dapat dipertimbangkan pada level 0,6590 dengan target profit pada level 0,6575/0,6550.

AUDUSD 05062023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.