AUDUSD Meluncur Tajam Dari Level 0.6924 Jelang Data CPI AS

Baca artikel di situs FBS

AUDUSD berjuang keras memanfaatkan pelemahan dolar AS untuk mencatat kenaikan intraday setelah gagal menembus ke atas 0.6930 untuk menuju level 0.6950 untuk hari ketiga berturut-turut. Pasangan mata uang ini sempat turun di bawah angka 0.6900 di awal perdagangan sesi Eropa dan memperbarui level terendah harian, meski penurunan tampaknya terbatas.

Dolar Australia mendapat dukungan dari semakin yakinnya pasar atas kenaikan suku bunga tambahan oleh Reserve Bank of Australia (RBA) pada Februari, didukung oleh data inflasi domestik hari Rabu. Biro Statistik Australia melaporkan Indeks Harga Konsumen (CPI) utama tahunan kembali naik menjadi 7,3%, tertinggi dalam 32 tahun, pada November dari 6,9% pada bulan sebelumnya.

Selain itu, dolar AS yang lemah bertindak sebagai pendorong AUDUSD untuk menguat, setidaknya untuk saat ini. Indeks dolar AS terdampar di dekat level terendah multi-bulan di tengah semakin surutnya kemungkinan Fed melakukan pengetatan agresif. Hal ini juga menyebabkan penurunan yield obligasi Treasury AS dan membebani dolar.

Di tengah penantian pasar pada rilis data inflasi konsumen AS, justru meningkatkan minat investor terhadap aset yang dianggap berisiko. Hanya dengan kenaikan ringan di pasar ekuitas AS, kondisi ini tidak menyurutkan investor mencari safe-haven greenback dan membatasi kenaikan Aussie yang sensitif terhadap risiko.

Reaksi Pasar

AUDUSD turun dari level tertinggi intraday dan sempat terseret di bawah level 0.6900 hanya dalam satu jam pembukaan perdagangan sesi Asia. Kehati-hatian pasar memberikan beberapa dukungan pada dolar safe-haven dan ini menahan dolar Australia untuk terus menguat meski proyeksi pasar terhadap data inflasi AS yang kembali melemah berpotensi membatasi penurunan AUDUSD.

Tren

AUDUSD terus berupaya melanjutkan kenaikan dari penurunan di sesi Selasa, meski tren kenaikan dua hari pasangan ini terganjal oleh risk-appetite, di mana Aussie merupakan mata uang sangat sensitif terhadap risiko. Jika berhasil bangkit, AUDUSD berpotensi naik menuju level 0.6950.

Rencana Perdagangan

Potensi Buy AUDUSD pada level 0.6930 dengan target profit pada level 0.6950/0.6980

Potensi Sell AUDUSD pada level 0.6890 dengan target profit pada level 0.6870/0.6850

AUDUSD 12012023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.