AUDUSD Tembus Ke Atas Level 0,6700, Lanjut Bullish?

Baca artikel di situs FBS

AUDUSD dengan meyakinan mencatat kenaikan dan menembus ke atas level resistance utama 0,6700 di tengah rilis Pernyataan Kebijakan Moneter (SoMP) Reserve Bank of Australia (RBA) triwulanan yang hawkish.

Dalam risalah itu RBA isyaratkan potensi kenaikan suku bunga lainyya jika inflasi masih berlanjut dengan kemungkinan akan turun menjadi 3% pada pertengahan 2025. RBA percaya bahwa harga energi akan sangat berkontribusi terhadap inflasi di tahun mendatang. Di pekan ini, RBA secara mengejutkan menaikkan Official Cash Rate (OCR) sebesar 25 basis poin menjadi 3,85%.

Di sesi Kamis, dolar Australia menunjukkan kekuatannya dan kenaikan yang cukup signifikan setelah rilis data Neraca Perdagangan yang positif. Kenaikan ini menyusul ekspor barang Australia ke China naik sebesar 31% mencapai A$19 miliar pada bulan Maret secara tahunan.

Sementara itu, melemahnya indeks dolar AS setelah penurunan singkat mendekati 101,25, membuat AUDUSD terus mencatat kenaikan. Indeks USD diperkirakan akan menguji support utama di level 101,00 di tengah tantangan krisis perbankan AS dan isu plafon utang AS.

Untuk panduan lebih lanjut, data nonfarm payroll AS bulan April akan sangat diawasi dan akan menjadi petunjuk pergerakan pasar. Analis memperkirakan NFP AS mencatat penurunan menjadi 179K dari laporan sebelumnya 236K, dengan Tingkat Pengangguran tidak berubah di 3,5%.

Reaksi Pasar

AUDUSD dengan mudah melewati level resistance penting 0,6700 di tengah risalah RBA yang hawkish dan data Neraca Perdagangan Australia menunjukkan peningkatan ekspor barang Australia ke China sebesar 31% dalam basis tahunan.

Tren

Pasangan Aussie melanjutkan tren bullish nya untuk hari ketiga-bertiurut-turut dalam pekan ini setelah menembus level resisitance utama meski berpotensi mengalami koreksi jika data BFP nanti malam cukup kuat menopang dolar AS untuk pulih.

Rencana Perdagangan

Potensi BUY AUDUSD dapat dipertimbangkan pada level 0,6745 dengan target profit pada level 0,6760/0,6770

Potensi SELL AUDUSD dapat dipertimbangkan pada level 0,6725 jika mengalami koreksi dan turun dengan target profit pada level 0,6710/0,6705

AUDUSD 05052023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.