AUDUSD Terseret Data Neraca Perdagangan China Yang Suram

Baca artikel di situs FBS

AUDUSD mengalami tekanan jual dan kembali turun di bawah level psikologis 0.6700 setelah Biro Statistik Nasional China melaporkan data Neraca Perdagangan lebih lemah dari yang diproyeksikan. Neraca Perdagangan China merosot tajam menjadi $69,84 miliar dibandingkan dengan perkiraan $78,1 miliar.

Padahal sebelumnya, AUDUSD sempat meluncur di atas level psikologis 0.6700 setelah ekonomi Australia melaporkan data Produk Domestik Bruto (PDB) yang lemah. Data PDB tahunan negeri kanguru itu berada di 5,9%, lebih rendah dari perkiraan 6,3% dan laporan sebelumnya di 3,6%. Sementara PDB per kuartal turun menjadi 0,6% berbanding perkiraan 0,7% dan laporan sebelumnya 0,9%.

Perlambatan ekonomi Australia diperkirakan akan disambut Reserve Bank of Australia (RBA) karena dapat menjadi tanda penurunan inflasi selanjutnya. Tingkat pertumbuhan yang lebih rendah menunjukkan penurunan kegiatan ekonomi, yang memaksa perusahaan untuk memangkas harga barang dan jasa.

Sementara itu, Risk-Aversion yang sedikit mulai berkurang setelah investor acuhkan pesimisme yang timbul dari data Amerika Serikat di pasar global. Indeks Dolar AS tergelincir di bawah support terdekat di 105.60. Mungkin terlalu dini menyematkan penurunan dolar AS sebagai koreksi kecil atas pembalikan arah di tengah tidak adanya potensi pemicu positif untuk mata uang yang sensitif terhadap risiko.

Reaksi Pasar

AUDUSD tergelincir dan kembali di bawah level 0.6700 imbas data Neraca Perdagangan China yang lemah. Ekspor dan Impor China November masing-masing mencatat penurunan sebesar 8,7% dan 10,6%. Sementara dorongan risk-appetite sedikit terpangkas karena investor acuhkan pesimisme yang disebabkan oleh data AS yang lemah.

Tren

AUDUSD berpotensi melanjutkan tren penurunan dalam pekan ini setelah mencatat penurunan yang cukup signifikan dalam dua hari berturut-turut. Bahkan pasangan ini menelusuri tren Bullish mingguan pada pekan lalu.

Rencana Perdagangan

Sell AUDUSD pada level 0.6670 dengan target profit pada level 0.6655/0.6650

Buy AUDUSD pada level 0.6710 dengan target profit pada level 0.6720/0.6730

AUDUSD 07122022.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.