AUDUSD Tertahan Di Dekat Level Terendah Tahun Ini, Menuju Level 0,6450

Baca artikel di situs FBS

Reaksi pasar atas pemotongan suku bunga mendadak oleh Bank Rakyat Tiongkok (PBoC) memudar cukup cepat pada perdagangan Selasa (15/08/2023) karena masih adanya kekhawatiran terkait pemulihan Tiongkok pasca pandemi yang melambat setelah awal yang mengesankan di kuartal pertama, yang diikuti oleh data makro yang mengecewakan dari Tiongkok.

Hal ini pada gilirannya melemahkan dolar Australia yang sering dianggap sebagai proxy untuk kinerja ekonomi Tiongkok. Selain itu, sentimen bullish yang mendasari penguatan dolar AS terus memberikan tekanan penurunan pasangan AUDUSD.

Indeks dolar AS masih didukung oleh ekspektasi bahwa Federal Reserve (Fed) akan mempertahankan sikap hawkish-nya. Pandangan ini mendorong yield obligasi AS 10 tahun mencapai puncak sembilan bulan dan mendukung prospek kenaikan lebih lanjut bagi dolar AS dalam jangka pendek.

Sementara itu, kepercayaan bullish terhadap dolar Australia tampaknya tidak terpengaruh oleh risalah pertemuan Reserve Bank of Australia (RBA) di Agustus, yang menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan melihat "jalur kredibel" kembali ke target inflasi dengan suku bunga saat ini pada level 4.1%.

Para trader saat ini menantikan data ekonomi AS, Penjualan Ritel bulanan dan Indeks Manufaktur Empire State AS, yang akan dirilis di sesi awal Amerika. Selain itu, risiko yang lebih luas seharusnya memberikan dorongan segar pada pasangan mata uang ini.

Analisa Teknikal AUDUSD

AUDUSD 15082023.jpg

AUDUSD melemah dari lonjakan kenaikan intraday ke level 0.6520 dan menyentuh level terendah intraday di level 0,6461 selama awal sesi Eropa. Harga spot saat ini diperdagangkan di sekitar kawasan 0.6475, turun untuk hari keenam berturut-turut dan kembali turun di bawah Simple Moving Average (SMA) 50. Ini mengindikasikan perlahan tapi pasti AUDUSD melanjutkan tren Bearish nya. Penurunan ini juga dikonfirmasi oleh Relative Strength Index yang kembali turun menembus ke bawah level 50.

Kelanjutan penurunan harga menembus di bawah level terendah Intraday membuka peluang SELL pada level 0.6460 menuju level 0.6440 hingga ke level 0.6430. Sebaliknya, jika AUDUSD kembali mendapatkan momentum untuk koreksi, akan membuka peluang BUY Pada level 0.6485 menuju level 0.6505 hingga ke level 0.6515.

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.