Bentuk Head n Shoulder, BTC Incar $22k, Tergantung Peran Safe Haven Dolar

Baca artikel di situs FBS

Bitcoin mendapatkan katalis positif setelah laporan CPI AS terbaru menunjukkan inflasi konsumen AS naik pada bulan April meski dengan kenaikan yang sedikit lebih rendah dari perkiraan. BTCUSD saat ini sedang dalam tren naik dan aset mencapai puncak $28.327 sebagai imbas terhadap rilis data CPI AS meski BTCUSD sempat mengalami kemunduran, namun tetap bertahan di atas level $28.000 menyusul rebound dolar AS.

Indeks dolar AS rebound pada sesi Kamis pagi (11/05/2023) setelah penurunan tajam atas data inflasi konsumen AS bulan April pada hari Rabu kemarin. Dolar AS mencatat penurunan luas sebagai imbas dari data inflasi konsumen AS yang lemah dan mendukung bias Federal Reserve yang dovish sehingga dolar AS berpotensi melanjutkan penurunan di tengah kehati-hatian pasar.

Namun, pembicaraan plafon utang AS yang mendekati deadline 1 Juni mendatang, belum juga menunjukkan adanya kemajuan atau terobosan baru dalam negosiasi antara pemerintahan Joe Biden dengan para anggota Kongres dari Partai Republik.

Kemenkeu Janet Yellen memperingatkan adanya potensi risiko kerusakan ekonomi global yang terpicu oleh default utang pemerintah AS. Permalahan plafon utang ini memang selalu menjadi komoditas politik untuk dinegosiasikan antara pihak oposisi dengan pihak pemerintah AS.

Situasi saat ini pasti membebani sentimen risiko dan menawarkan dukungan terhadap dolar, meningkatkan permintaan safe haven dolar.

Kami melihat bahwa pasar harus mulai menilai ulang prospek pemangkasan suku bunga Fed setelah rilis angka inflasi, meski lebih rendah, tetap berada di kisaran tinggi. Dolar tetap mendapatkan keuntungan jika pasar tidak lagi berharap pemangkasan suku bunga dalam waktu dekat.

Cryptocurrencies masih akan tergantung pada sentiment pasar terhadap pergerakan suku bunga dan peran safe haven dolar yang terus meningkat karena ketidakpastian ekonomi AS, baik dari faktor kesehatan industri perbankan dan isu plafon utang AS.

 

Analisis BTCUSD

BTCUSDDaily - artikel.png

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.