Data NFP Diatas Perkiraan, Emas Tertekan Turun

Baca artikel di situs FBS

Pada hari Jumat pekan lalu terdapat laporan ketenaga kerjaan non pertanian dari negara Amerika yang biasa dikenal dengan laporan Non-Farm Payroll  atau disingkat NFP, NFP merupakan data yang ditunggu oleh sebagian besar trader di seluruh dunia karena laporan data tersebut bisa menyebabkan volatilitas pergerakan market yang besar. Pada perkiraan laporan data NFP pada jumat lalu hanya diperkirakan sebesar 165K lowongan kerja saja, dan ini tentu lebih rendah dibanding data bulan sebelumnya yakni sebesar 312K yang kemudian direvisi menjadi hanya 222K lowongan pada bulan januari kemarin. Namun pada laporan  data NFP jumat kemarin ternyata data NFP berhasil melampaui perkiraan dan juga melampaui data NFP sebelumnya, tercatat sebesar 304K lowongan kerja non pertanian pada bulan Februari ini, dengan adanya data ini sontak membuat mata uang USD kembali menguat dan menekan nilai harga Emas pada perdagangan pekan ini. 

GOLD Timeframe H4

XAUUSDH4 4 jan.png

Secara teknikal, pair emas berada dalam fase koreksi turun, terdapat pola candle bearish engulfing yang menandakan bahwa kekuatan bearish masih mendominasi pergerakan emas pada hari ini.

Dari histogram indikator MACD juga telah berada dibawah signal line, dan ini memberi indikasi bahwa pergrakan emas akan berada dalam tekanan turun.

  • Emas memiliki peluang turun pada level support di harga 1312.32 sampai dengan 1309.17
  • Level resistant emas berada di harga 1322.29 sampai dengan 1326.29

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.