EURGBP Coba Tembus Ke Bawah Level 0,8600 Pasca Data Ritel Inggris Positif

Baca artikel di situs FBS

EURGBP tengah berusaha menembus level support penting di 0,8600 setelah data Penjualan Ritel Inggris yang dirilis Kantor Statistik Nasional Inggris cukup positif. Data ekonomi bulanan mengalami ekspansi sebesar 0,3%, sementara perkiraan pasar sebelumnya mengindikasikan kontraksi sebesar 0,2%. Namun, laju ekspansi tetap lebih rendah dibandingkan laju sebelumnya sebesar 0,5%.

Penjualan Ritel tahunan mengalami kontraksi sebesar 2,1%, namun tetap lebih baik dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya yang mengindikasikan kontraksi sebesar 2,6%. Permintaan ritel yang kuat dapat menyebabkan tekanan inflasi dan mungkin memaksa Bank of England (BoE) untuk melonggarkan kebijakan lebih lanjut.

Di wilayah Euro, Bank Sentral Eropa (ECB) dikhawatirkan oleh laju inflasi inti yang masih melanda. Selain itu, inflasi keseluruhan tiga kali lipat dari target 2%, yang membuat peluang kenaikan suku bunga lebih lanjut pada bulan Juli tetap terbuka. Namun, ketidakpastian muncul menjelang pertemuan pada bulan September mendatang. Anggota kebijakan ECB, Peter Kazimir, mengatakan pada hari Rabu bahwa ia tidak yakin apakah bank sentral akan melanjutkan siklus kenaikan suku bunga pada bulan September.

Analisa Teknikal EURGBP

EURGBP 23062023.jpg

EURGBP mencatat penurunan tajam sebanyak 45 poin pasca dirilisnya data penjualan retail Inggris yang positif dan memaksa pasangan ini menembus sekaligus 3 garis Moving Average. Pasangan mata uang ini bergerak relatif jauh dari indikator Simple Moving Average 200 (SMA200) yang saat ini dapat dijadikan level resistance terdekatnya dan terus berjuang untuk memulihkan penurunan panjang dalam satu candlestick.

Gerak koreksi apa pun dapat diantisipasi dengan Buy pada level 0,8560 dengan target profit pada level 0,8570/0,8575 dan berpotensi menuju garis SMA50 yang dapat dijadikan level resistance selanjutnya. Namun jika EURGBP lanjutkan penurunannya, pasangan ini akan menuju level support 0,8535 yang dijadikan pertimbangan SELL dengan target profit pada level 0,8528/0,8520.

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.