EURGBP Dapat Terkoreksi Turun

Baca artikel di situs FBS

Menguatnya pair EURGBP dalam satu seminggu terakhir ini, menjadi perhatian para pelaku pasar.

Walaupun Presiden ECB Chistine Lagarde mengatakan bahwa nilai tukar tidak menjadi target dari bank sentral, tetapi secara umum ECB mulai takut dengan penguatan mata uang Euro setelah kebijakan moneternya dirilis tadi malam. Penguatan mata uang Euro tentunya akan membuat mahalnya product negara Eropa sehingga dapat membebani neraca perdagangan berjalan saat ini yg telah masuk dalam jurang resesi.

Semalam ECB memutuskan tidak merubah suku bunga dan masih akan melanjutkan program stimulus berbasis pandemic corona senilai $1,6 trilliun. Diharapkan bahwa program stimulus ini akan dapat dicairkan secara utuh sebelum akhir tahun, dan tentunya akan meningkatkan likuiditas di pasar uang Eropa secara keseluruhan. Dengan melihat keadaan ini maka sulit untuk mata uang Euro dapat kembali dilevel 1,19 terhadap mata uang US Dollar.

Pada sisi lain negara di benua Eropa, masalah Brexit merupakan batu sandungan bagi Inggris untuk memperkuat mata uangnya. Sejak pergantian Perdana Menteri Inggris dari Theresa May ke Boris Johnson, pembicaran perjanjian Brexit seperti tidak menemui titik terang.

Waktu dan penolakan proposal perjanjian Brexit yang diajukan, selalu mendapat batu sandungan di Dewan Eropa dan atau Parlemen Inggris. Masalah Irlandia merupakan masalah terbesar sehingga kesepakatan Brexit sulit dilakukan sampai hari ini antara Inggris dan Uni Eropa.

Efek Terhadap Pasar

Pelemahan mata uang Eropa karena kebijakan moneter serta pelemahan mata uang Inggris karena factor geopolitik, tentunya membuat pair EURGBP akan menjadi  terlihat sideways dengan kecenderungan koreksi turun dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair EURGBP akan bergerak dalam range 0,9180 – 0,9251

Trading Plan :

 Sell Limit 0,9251 – 0,9281 dengan target 0,9149 – 0,9180

Grafik EURGBP  timeframe D1

eurgbp 11 sept.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.