EURGBP Semakin Terseok Tembus Di Bawah 0,8800

Baca artikel di situs FBS

EURGBP masih terus mengalami tekanan jual untuk hari kelima berturut-turut di sesi Selasa (14/03/2023) dan sempat menyentuh level terendah hampir dua minggu. Bias bearish dari mata uang ini juga masih terus berlanjut setelah rilis data ketenagakerjaan bulanan Inggris yang beragam dan menyeret harga spot di bawah angka 0,8800.

Kantor Statistik Nasional Inggris melaporkan bahwa jumlah klaim tunjangan pengangguran Inggris turun 11,2 ribu di Februari, lebih rendah dari perkiraan penurunan 12,4. Namun, kekecewaan kecil diimbangi oleh revisi penurunan angka bulan sebelumnya dan menunjukkan penurunan 30,3 ribu pengajuan tunjangan berbanding perkiraan penurunan 12,9.

Selain itu, tingkat pengangguran stabil di 3,7% selama tiga bulan hingga Januari dibandingkan dengan kenaikan ringan menjadi 3,8%, sedangkan rata-rata upah tiga bulan di Inggris sedang mendingin. Namun demikian, data tersebut cukup kuat untuk memungkinkan Bank of England (BoE) menaikkan suku bunga lagi akhir bulan ini, yang terus menopang Pound Inggris dan memberikan tekanan pada EUR/GBP.

Sementara itu, membaiknya permintaan Dolar AS berperan membebani Euro dan berkontribusi meningkatkan tekanan jual yang tinggi pada EURGBP. Komentar hawkish baru-baru ini oleh beberapa pejabat Bank Sentral Eropa (ECB), menekankan perlunya kenaikan suku bunga lebih lanjut, sehingga dapat memberikan beberapa dukungan kepada Euro.

Reaksi Pasar

Pound sterling relatif lebih baik di tengah meningkatnya proyeksi kenaikan suku bunga tambahan oleh BoE. Data pekerjaan Inggris yang beragam gagal melawan ekspektasi hawkish BoE. Spekulasi kenaikan suku bunga yang lebih besar oleh ECB menjamin kehati-hatian pasar.

Tren

EURGBP tertahan di bawah level psikologis 0,8800 setelah melanjutkan penurunan untuk hari kelima berturut-turut dan turun ke level terendah hampir dua minggu.

Rencana Perdagangan

SELL EURGBP dapat dipertimbangkan pada level 0,8785 dengan target profit pada level 0,8775/0,8770

BUY EURGBP dapat dipertimbangkan pada level 0,8810 jika berhasil kembali naik menembus level 0,8800 dengan target profit pada level 0,8815/0, 8820

EURGBP 14032023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.