EURUSD Kembali Mendekati Level Atas Minggu Ini Jelang Data HICP Jerman

Baca artikel di situs FBS

EURUSD terus mengumpulkan daya tariknya untuk melanjutkan pemulihan dan tren bullish pekan ini menjelang data Harmonized Index of Consumer Price (HICP) Jerman. Pasangan mata uang utama ini rebound dari level 1,0830 menyusul indeks dolar AS melemah di tengah sentimen pasar yang positif. 

Berkurangnya permintaan obligasi pemerintah AS seakan mewakili antisipasi pasar atas satu kenaikan suku bunga lagi oleh ketua Fed Jerome Powell dan meredam kekhawatiran gejolak perbankan, yang telah menaikkan imbal hasil Treasury AS 10-tahun menjadi 3,59%. Indeks dolar AS mengalami koreksi yang layak setelah gagal melanjutkan kenaikannya menuju level kritis 103,00.

Ketua Fed, Jerome Powell, mengantisipasi satu kenaikan suku bunga lagi di 2023. Dalam pertemuan kebijakan moneter di Maret, Powell juga menyatakan masih dibutuhkan satu kenaikan suku bunga lagi setelah menaikkan suku bunga menjadi 4,75-5,00%.

Trader EURUSD saat ini fokus pada dua data utama, data HICP Jerman yang akan memberikan kejelasan lebih lanjut tentang prospek kebijakan moneter sebelum data Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) inti AS yang sangat diawasi oleh pasar, yang akan dirilis pada hari Jumat. Pasar memperkirakan HICP bulanan Jerman tumbuh sebesar 0,8% dibanding data sebelumnya sebesar 1,0%. Sementara PCE inti bulanan AS meningkat sebesar 0,4%, lebih rendah dari ekspansi sebelumnya 0,6%.

Reaksi Pasar

EURUSD menuju level tertinggi pekan ini di level 1,0870 setelah menembus level resistance 1,0850 atas memudarnya momentum kenaikan Indeks dolar AS imbas perkataan Jerome Powell yang mengantisipasi satu lagi kenaikan suku bunga tahun ini. Sementara Bank Sentral Eropa dapat terus menaikkan suku bunga lebih lanjut tetapi tidak dengan cara agresif.

Tren

EURUSD konsolidasi dalam rentang sempit 1,0823 - 1,0857 jelang data Inflasi Jerman setelah rebound dari level 1,0827 atas melemahnya Indeks Dolar AS.

Rencana Perdagangan

Potensi BUY EURUSD dapat dipertimbangkan di atas level 1,0870 dengan target profit pada level 1,0885/1,0890

Potensi SELL EURUSD dapat dipertimbangkan di atas level 1,0845 dengan target profit pada level 1,0830/1,0825

EURUSD 30032023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.