EURUSD Kembali Terpuruk Atas Penguatan Dolar dan Risk Aversion

Baca artikel di situs FBS

Sentimen risk aversion yang terus berlanjut terus mendukung preferensi investor terhadap dolar AS dan membuat EURUSD terus tertahan untuk minggu kedua berturut-turut pada hari Rabu. Pasangan mata uang ini kembali bergerak area yang terakhir terlihat pada awal April di sekitar 1,0830 di tengah kelanjutan kekhawatiran seputar plafon utang AS.

Sementara itu, pernyataan dari anggota Dewan ECB, De Cos, yang menyiratkan bahwa siklus kenaikan suku bunga bank sentral tersebut mendekati akhir, melengkapi sentimen negatif terhadap mata uang tunggal tersebut. Pandangannya tersebut berseberangan dengan rekannya yang tetap mendukung kebijakan pengetatan dalam pertemuan Juni dan Juli.

Euro diperkirakan akan sangat dipengaruhi oleh pergerakan dolar AS dan mungkin akan terpengaruh oleh perbedaan pendekatan antara Fed dan ECB dalam rencana penyesuaian suku bunga.

Ke depannya, pidato ECB yang bersifat hawkish terus mendukung kenaikan suku bunga lebih lanjut, meskipun pandangan ini tampak kontras dengan penurunan momentum dalam fundamental ekonomi di wilayah tersebut.

Reaksi Pasar

Aksi jual pasar masih didominasi oleh sentimen seputar mata uang Eropa, dan kompleksitas risiko secara umum, dan saat ini menarik EURUSD ke level terendah baru di sekitar 1,0830.

Tren

EURUSD terus melemah dan melanjutkan penurunan di minggu ini serta menguji level 1,0830 setelah dolar AS terus mendapat kekuatan untuk melanjutkan rebound di tengah ketidakpastian terhadap risiko yang berlanjut.

Rencana Perdagangan

Potensi SELL EURUSD dapat dipertimbangkan pada level 1,0820 dengan target profit pada level 1,0810/1,0805.

Potensi BUY EURUSD dapat dipertimbangkan pada level 1,0845 jika cukup kuat menembus level ke atas 1,0840 dengan target profit pada level 1,0850/1,0865.

EURUSD 17052023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.