EURUSD Koreksi Dari Level Tertinggi Intraday

Baca artikel di situs FBS

EURUSD rebound di awal perdagangan awal pekan ini, di tengah kehati-hatian pasar terhadap hubungan AS-Tiongkok, serta harapan tidak ada default di AS. Selanjutnya, komentar beragam dari Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde juga membebani pasangan mata uang utama ini. Sementara itu, komentar Presiden AS Joe Biden tentang hubungan Tiongkok-Amerika, plafon utang AS mendukung sentimen terkini dan dolar AS.

Presiden AS Joe Biden, pada akhir KTT Kelompok Tujuh (G7) di Jepang pada hari Minggu mengatakan bahwa dia mengharapkan membaiknya hubungan dengan Tiongkok "segera" setelah kisruh terkait dugaan balon mata-mata awal tahun ini yang merusak hubungan kedua negara. Di pembahasan lain, Presiden Joe Biden juga menyampaikan optimisme bahwa pembicaraannya dengan Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy berjalan dengan baik dan mengatakan mereka akan kembali berbicara pada hari Senin (22/05/2023).

Sementara itu, Presiden ECB, Christine Lagarde, melalui wawancara di acara TV Buitenhof yang ditayangkan pada hari Minggu di mana berkata, bank sentral telah membahas sebagian besar langkah upaya pengendalian inflasi dan membawanya laju inflasi kembali ke target bank sentral.

Koreksi EURUSD sebelumnya lebih disebabkan oleh indeks dolar AS yang mendapat sentimen positif dan memangkas penurunan intraday di sekitar level 103,15. Sementara itu, yield obligasi Treasury AS yang belakangan ini juga berperan dalam pergerakan dolar AS masih berjuang untuk mencari arah yang jelas meski sampai saat ini masih tetap tertekan meski dalam beberapa kondisi mencatat kenaikan.

Selanjutnya, Keyakinan Konsumen zona euro dapat menjadi petunjuk pergerakan intraday EURUSD tetapi fokus utama tetap tertuju pada data awal PMI zona euro untuk bulan Mei, serta pembicaraan plafon utang AS.

Reaksi Pasar

EURUSD merosot menuju level 1,0800 turun dari level tertinggi intraday karena para pembuat kebijakan ECB yang cenderung hawkish mengurangi langkah mereka, sementara taruhan terhadap Fed meningkat di tengah optimisme pasar yang diikuti dengan kehati-hatian dengan ketua Fed, Jerome Powell, menyebut krisis perbankan yang mengurangi tekanan pada bank untuk menaikkan suku bunga, sementara plafon utang AS mendukung sentimen terkini dan dolar AS.

Tren

EURUSD memperpanjang penurunan dari level tertinggi intraday nya dan turun menuju level 1,0800 dan berpotensi terus turun menuju level 1,0780 jika berhasil menembus level penting tersebut.

Rencana Perdagangan

Potensi SELL EURUSD dapat dipertimbangkan pada level 1,0790 dengan target profit pada level 1,0780/1,0770

Potensi BUY EURUSD dapat dipertimbangkan di atas level 1,0810 hanya jika gagal menembus level 1,800 dengan target profit pada level 1,0820/1,0825.

EURUSD 22052023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.