EURUSD Rebound Dari Level Penurunan Sesi Akhir Pekan

Baca artikel di situs FBS

EURUSD mendapat sedikit daya tarik dan sejauh ini berhasil menghentikan penurunan dari level tertinggi dua minggu akhir pekan lalu. Kenaikan ringan dolar AS membatasi potensi kenaikan EURUSD tanpa adanya pemicu fundamental yang relevan. Para trader juga terlihat enggan masuk posisi menjelang laporan CPI AS pada hari Selasa dan keputusan FOMC pada Rabu.

EURUSD saat ini diperdagangkan di kisaran pertengahan 1.0700-an, hanya mencatat kenaikan tipis, karena para trader terlihat enggan untuk melakukan taruhan agresif di hari pertama minggu yang sangat krusial bagi pasar.

Data inflasi konsumen AS terbaru yang akan dirilis pada hari Selasa dan akan diikuti oleh keputusan kebijakan moneter FOMC yang sangat ditunggu-tunggu pada hari Rabu berpotensi memengaruhi pergerakan harga dan akan memberikan petunjuk lebih lanjut mengenai prospek kebijakan jangka pendek Federal Reserve.

Kenaikan ringan pada yield obligasi AS membantu Dolar AS lanjutkan pemulihan dari level terendah sejak 24 Mei. Namun, ketidakpastian kebijakan suku bunga Fed menghambat dolar AS melanjutkan kenaikan. Hal ini, ditambah dengan meningkatnya keyakinan pasar Bank Sentral Eropa (ECB) atas potensi kenaikan suku bunga tambahan, sehingga ini terus menopang kenaikan EURUSD.

Analisa Teknikal EURUSD

EURUSD 12062023.jpg

Mengawali perdagangan pekan ini, EURUSD tampak dalam upaya untuk pulih dari penurunan signifikan di sesi Jumat meski sempat menyentuh level terendah hariannya di level 1,0733. EURUSUD saat ini masih tertahan di bawah level tengah 1,0750 dan bergerak kembali menjauh dari indikator Moving Average 200 (MA200) setelah sempat menyentuh indikator tersebut. Artinya, untuk pasangan EURUSD ini berpotensi besar untuk melanjutkan kenaikan masih dalam tren Bullish, mengingat pergerakan harga di atas indikator ini menunjukkan dalam tren bullish.

Potensi BUY EURUSD dapat dipertimbangkan pada level 1,0760 yang berpotensi naik menuju level 1,0770 yang menjadi level resistance terdekatnya hingga ke level 1,0785 level resistance selanjutnya. Kedua level ini dapat dijadikan area target profit. Sementara itu, jika EURUSD kehilangan keseimbangannya, aset ini berpotensi kembali turun menuju level Moving MA200. Jika ditembus, posisi SELL dapat dipertimbangkan pada level 1,0735 dengan potensi penurunan menuju level support terdekatnya di level 1,0725 dan menuju MA level support selanjutnya di 1,0715.

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.