GBPUSD Lanjutkan Pemulihan Atas Data Penjualan Ritel Inggris Yang Positif

Baca artikel di situs FBS

GBPUSD kembali menyentuh level 1,2900 setelah data penjualan ritel serta data penjualan ritel inti (tanpa penjualan bahan bakar mobil) Inggris pada basis bulanan yang dirilis pada hari Jumat menunjukkan hasil yang positif untuk bulan Juni. Bahkan kedua data tersebut dirilis cukup baik di atas perkiraan pasar.

Data Penjualan Ritel  bulanan Inggris meningkat 0,7% pada bulan Juni, melampaui ekspektasi sebesar 0,2% dan jauh di atas angka sebelumnya yaitu 0,1%, menurut data terbaru yang dipublikasikan oleh Kantor Statistik Nasional (ONS) pada hari Jumat. Begitu juga dengan data Penjualan Ritel Inti, yang tidak termasuk penjualan bahan bakar kendaraan, melonjak sebesar 0,8%, melebihi ekspektasi sebesar 0,1% dan 0% pada bulan Mei.

Sementara itu, Penjualan Ritel Tahunan Inggris mengalami penurunan sebesar 1,0% pada bulan Juni, namun masih lebih baik dari perkiraan penurunan -1,5%, menyusul penurunan sebesar 2,3% pada bulan Mei. Penjualan Ritel Inti juga mengalami penurunan, turun sebesar 0,9% pada bulan yang sama, namun melampaui ekspektasi untuk penurunan -1,6%, dan angka sebelumnya yaitu -1,9%.

Analisa Teknikal GBPUSD

GBPUSD 21072023.jpg

Pasca dirilisnya data penjualan ritel bulanan Inggris yang positif, GBPUSD mendapatkan sentimen positif. Pasangan kabel ini terakhir terlihat diperdagangkan di 1,2894, naik 0,25% setelah sempat menembus ke atas level 1,2900. Jika sterling cukup kekuatan melanjutkan pemulihannya, GBPUSD berpotensi kembali naik menembus level resistance penting tersebut.

Meski secara intraday GBPUSD masih menunjukkan potensi pemulihan, namun harga saat ini berada di bawah Simple Moving Average (SMA) 100 dan SMA 50 yang sudah beririsan. SMA 50 menembus ke bawah melewati SMA 100 yang mengindikasikan potensi pasangan ini berbalik arah kembali turun masih sangat mungkin terjadi. Sering kali, Crossover bearish antara SMA 50 dan SMA 100 juga diikuti oleh peningkatan volume perdagangan, yang dapat memperkuat sinyal bearish. Hal ini menunjukkan bahwa ada tekanan jual yang lebih besar dan minat pasar terhadap aset tersebut mungkin sedang menurun.

Pembalikan harga, membuka peluang SELL GBPUSD pada level 1,2877 dengan target profit pada level 1,2850 hingga level 1,2838. Sebaliknya, kelanjutan pemulihan akan dan menembus ke atas level 1,2900 membuka peluang BUY pada level 1,2910 dengan target profit di area 1,2915 hingga 1,2930.

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.