Harga Emas Berpeluang Naik Terbatas

Baca artikel di situs FBS

Harga emas dunia akan naik secara terbatas, saat menunggu hasil data CPI Amerika Serikat yang akan dirilis nanti malam pukul 20.30 WIB.

Kenaikan harga emas kemarin karena adanya pelemahan mata uang US Dollar, yang dipengaruhi oleh turunnya imbal hasil obligasi Amerika. Imbal hasil obligasi 10 tahun Amerika Serikat terkoreksi turun dari 1,6% menjadi 1,54% jelang data inflasi negara tersebut akan dirilis. The Fed dan banyak pengamat ekonomi sepakat bahwa angka inflasi yang tinggi saat ini akan bersifat sementara, karena rendahnya angka inflasi disaat pandemic covid-19 saat melanda negara tersebut.

Dengan adanya bantuan pandemic yang merupakan program stimulus dari Gedung Putih senilai $1,9 trilliun, yang rencananya akan dikeluarkan pada minggu ini, maka secara umum berdampak pada meningkatkan laju tingkat inflasi yang ada. Sedangkan adanya lelang obligasi 3, 10 dan 30 tahun pada hari ini dan besok merupakan focus pelaku pasar, karena dapat kembali menaikan imbal hasil obligasi yang ada, walaupun ini akan membuat jumlah uang beredar kembali meningkat.

Konflik antara Amerika Serikat dengan Jerman kembali menjadi focus pelaku pasar karena adanya proyek pipa Nord Stream 2 yang rencananya mengalirkan gas alam cair dari Rusia ke Jerman. Proyek ini merupakan salah satu pemicu ketegangan antara Amerika Serikat dan Ruisa, karena alasan politik dan keamanan. Pipa yang telah terpasang sepanjang 1.000 km dan hanya tinggal 150 km, rawan sanksi Amerika terhadap perusahaan Rusia, sehingga dapat menimbulkan ketidakpastian dan akan meningkatkan harga emas dunia sebagai alat lindung nilai.

Efek Terhadap Pasar

Turunnya imbal hasil obligasi 10 tahun Amerika Serikat dan faktor geopolitik antara Amerika Serikat dan Rusia karena pipa gas alam cair Nord Stream 2, menyebabkan pair XAUUSD cenderung menguat terbatas dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair XAUUSD bergerak dalam range 1701 – 1726

Trading Plan :

Buy Limit 1687 – 1701  dengan target 1726 – 1737

Stoploss 1674

Grafik XAUUSD timeframe D1

emas 10 maret.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.