Harga Emas Terkoreksi Turun Cukup Tajam

Baca artikel di situs FBS

Pasar saham kembali menguat setelah perang dagang lanjutan antara Amerika – China, tidak menular ke Canada dan Eropa. Administrasi  Trump memberikan signal bahwa akan ada keringan tariff baja dan aluminium terhadap Canada serta Mexico , serta akan memberikan tambahan waktu 6 bulan kedepan bagi delegasi Eropa dalam menyelesaikan kesepakatan dagang dengan delegasi Amerika Serikat masalah tariff otomotif.

Selain masalah perang dagang yang tidak meledak di Canada dan Eropa, pelaku pasar juga melihat pendapatan perusahaan Amerika terus meningkat dan data klaim pengangguran tadi malam turun cukup signifikan, sehingga mereka mulai memberanikan diri untuk masuk kembali ke pasar ekuitas , sehingga index saham Dow Jones kembali naik dan emas mulai terlihat meleleh, karena penguatan mata uang US Dollar kembali terlihat tadi malam.

Harga Emas banyak menjadi sorotan para investor trader saat ini karena fluktuasi harganya cukup signifikan baik naik maupun turun. Harga emas dunia sangat bergantung kepada penguatan / pelemahan mata uang US Dollar serta faktor geopolitik.

Ketidakpastian dalam politik global dan pelemahan mata uang US Dollar akan membuat harga emas kembali naik karena merupakan salah satu safe haven yang ada. Masalah Perang dagang antara Amerika – China masih belum berakhir, diharapkan Presiden Amerika dan Presiden Xi dapat bertemu di Japan pada tanggal 20 Juni 2019 , saat KTT G20.

Konflik perang dagang keduannya belum dapat dikatakan mereda, karena Amerika Serikat memasukan perusahaan Huawei kedalam daftar entitas, dimana Huawei harus mempunyai lisensi agar dapat membeli komponen komponen dari Amerika Serikat.

Ini tentunya merupakan balasan dari Amerika Serikat setelah China mulai mengurangi obligasi nya di pasar uang negeri Paman Sam ini. Pertikaian kedua negara ini akan berlanjut di perusahaan raksasa kedua negara, dimana perusahaan Apple yang ada di China dan mempekerjakan 1,4 juta rakyat China, tentunya merupakan kartu AS lainnya bagi negara tirai bamboo jika ingin membalas perlakuan pemerintah Amerika Serikat terhadap Huawei.

Meredanya perang dagang yang sesaat ini tentunya akan membawa harga emas terkoreksi turun sampai di harga $ 1279 – $1270 dengan target kenaikan harga emas ke $1308 apabila China mulai membalas perlakukan Amerika Serikat.

Gold Timeframe Daily

gold 17 mei.png

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam waktu yang lebih panjang.

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.