Harga Minyak Melambung Tinggi, USDCAD Bertahan Di 1,3500

Baca artikel di situs FBS

Pemulihan dolar AS secara keseluruhan dan persiapan pasar menunggu data ekonomi AS gagal menghentikan penurunan USDCAD di sesi kemarin ketika harga minyak mentah WTI mencapai level tertinggi dalam beberapa hari. Tekanan penurunan pasangan ini diyakini karena revisi tajam data Neraca Berjalan Kanada untuk kuartal pertama 2023.

Harga minyak mentah WTI naik untuk hari keempat berturut-turut menjadi $83.40 perbarui level tertinggi tiga minggu atas sejumlah langkah dari China mempertahankan kondisi ekonomi agar tidak kembali ke masa pandemi COVID-19. Di antara langkah-langkah tersebut, pemangkasan suku bunga 2,0% rasio cadangan devisa oleh Bank Rakyat China (PBoC) dan penurunan suku bunga deposito Yuan oleh sejumlah bank China mendapatkan perhatian utama.

Indeks dolar AS kesulitan mempertahankan pemulihan kemarin, yang mencatat kenaikan tertinggi dalam seminggu karena sebagian besar data ekonomi AS menggeser bias dovish Federal Reserve (Fed) sebelumnya. Dalam konteks yang sama, komentar Presiden Fed Atlanta, Raphael Bostic, yang menganjurkan kebijakan "suku bunga tinggi untuk jangka waktu lebih lama."

Selanjutnya, para pelaku pasar harus memperhatikan katalis risiko menjelang rilis data Gross Domestic Product (GDP) kuartal kedua (Q2) dan bulan Juli Kanada, serta laporan Nonfarm Payrolls AS untuk bulan Agustus.

Analsa Teknikal USDCAD

USDCAD 01092023.jpg

USDCAD masih defensif di sekitar area 1,3510 rebound ringan dari level terendah dua minggu menjelang, setelah gagal memanfaatkan kenaikan harga produk ekspor utama Kanada, minyak mentah WTI. Pasangan Loonie ini terlihat sideway dalam rentang sempat dan masih dalam pola Bearish melanjutkan penurunan minggu ini. Masih belum ada indikasi signifikan untuk ke mana arah pasangan USDCAD ini bergerak setelah pada sesi Kamis, menembus turun ke bawah Simple Moving Average (SMA) 200 yang mengindikasikan awal dari tren penurunan jangka panjang. Penurunan yang juga dikonfirmasi oleh Relative Strength Index yang mengarah turun menuju area oversold.

Penurunan lebih lanjut pasangan USDCAD ini membuka peluang SELL pada level 1,3495 yang berpotensi turun menuju level 1,3489 hingga ke level 1,3480. Sebaliknya, jika data PDB Kanada dan NFP mendukung kenaikan Dolar AS, membuka peluang BUY pasangan USDCAD pada level 1,3515 yang berpotensi naik menuju level 1,3525 hingga ke level 1,3533.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.