Inflasi Tokyo naik, USDJPY Uji Level 139.00

Baca artikel di situs FBS

USDJPY mencoba menyentuh level di 139,00 di tengah tanda pemulihan Indeks dolar AS yang berperan sebagai penggerak kenaikan USDJPY. Dolar AS sejauh ini cukup berhasil pulih dari penurunan di sesi Asia di tengah meningkatnya sentimen positif aset berisiko.

Liburnya pasar ekuitas AS karena libur hari Thanksgiving mempengaruhi pergerakan dolar AS hari ini. Sementara itu yield obligasi Treasury AS 10-tahun telah mencatat penurunan cukup jauh menjadi 3.65% yang diyakini karena semakin pudarnya ekspektasi kenaikan suku bunga 75 basis poin (bps) oleh The Fed dalam pertemuan kebijakan moneter di Desember.

Faktor penggerak yen Jepang adalah rilis Indeks Harga Konsumen (CPI) utama Tokyo yang meningkat menjadi 3,8% melampaui perkiraan 3,6%. Sementara CPI inti melonjak menjadi 2,5% juga melampaui proyeksi 2,1%. Inflasi Tokyo telah melampaui perkiraan dan mencapai lonjakan tercepat sejak 1982, percepatan yang menunjukkan pertumbuhan harga nasional juga akan meningkat pada bulan November setelah berbulan-bulan melemahnya yen dan biaya energi yang meningkat.

Reaksi Pasar

USDJPY menemukan dukungan sementara di area 138.50 seiring dolar AS mencoba pulih dari penurunan pagi. Yield Obligasi AS 10-tahun yang masih menunjukkan penurunan setelah Powell diperkirakan akan beralih ke kenaikan suku bunga yang lebih rendah memberikan efek negatif langsung terhadap dolar. Sementara itu, Inflasi Tokyo terus meningkat akibat pelemahan yen selama berbulan-bulan dan kenaikan biaya energi.

Tren

Melihat tren jangka dalam bulan ini UDJPY menunjukkan tren penurunan yang cukup signifikan yang mencatat penurunan dalam 3 sesi terakhir. Dan kenaikan USDJPY saat ini dipengaruhi oleh upaya pemulihan indeks dolar di tengah sentimen terhadap dolar AS masih relatif negatif.

Rencana Perdagangan

Potensi Buy USDJPY jika berhasil melampaui level 139.00 di level 139.10 dengan target profit pada level 139.30/139.50

Sell USDJPY pada level 138.80 jika gagal menembus level 139.00 dengan target profit pada level 138.50/138.40

USDJPY 25112022.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.