Kasus Archegos Capital Membuat Pair NZDJPY Tertekan

Baca artikel di situs FBS

Nomura dan Credit Suisse menghadapi kerugian yang sangat besar, dimana asset management Archegos Capital mengalami gagal bayar dalam serangkaian transaksi margin.

Kerugian perusahaan keuanga Jepang ini akan menimbulkan repatriasi bagi mata uang Yen Jepang sehingga dapat menekan pair NZDJPY kedepannya. Dengan adanya resiko pelemahan pertumbuhan global maka mata uang Dollar Selandia Baru akan terpukul dengan kejadian ini. Jika kasus ini menyebar maka dapat menyeret keuangan global menjadi lebih terpuruk kedepannya, disaat dunia sedang menghadapi pandemic covid-19 gelombang ke 3.

Lembaga keuangan Nomura berpotensi mengalami kerugian sekitar $2 milliar, atas kejadian ini, dan sahamnya turun 14% pada hari senin. Credit Suisse tidak memberikan keterangan jelas atas kerugian yang dihadapinya, tetapi sahamnya telah turun 15%. Lembaga keuangan lainnya seperti Goldman Sachs, Morgan Stanley dan Deutsche Bank juga memfasilitasi likuidasi kepemilikan Archegos Capital, agar dapat mengendalikan resiko yang terjadi. Jika keadaan ini berlanjut maka ini akan sangat merugikan saham perbankan global dan safe haven mata uang Yen Jepang akan menjadi perburuan para pelaku pasar.

Disisi lain krisis di teluk Suez yang sejak hari Selasa minggu kemarin telah terlihat ada penyelesaian dimana kapal container Ever Green dapat kembali bergerak, tetapi kejadian ini akan mengganggu rantai pasokan produksi dunia dan mata uang Dollar Selandia BAru akan kembali terpukul kedepannya.

Efek Terhadap Pasar

Kasus Archego Capital dan krisis yang terjadi di terusan Suez dapat membuat pair NZDJPY cenderung melemah dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair NZDJPY bergerak dalam range 76.42 – 77.19

Trading Plan :

Sell Limit 77.19 – 77.47  dengan target 76.06 – 76.42

Stoploss 77.99

Grafik NZDJPY timeframe D1

nzdjpy 30 mar.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.