Kebijakan Moneter Bank of Japan Berdampak Pada Yen Jepang

Baca artikel di situs FBS

Kebijakan bank sentral Jepang BOJ kemarin merilis kebijakan moneternya. BOJ tidak mengubah suku bunga acuan pada level -0,1% dengan program stimulus yang masih tetap dilakukan kedepannya.

Kenaikan angka inflasi di negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris yang secara agresif akan menaikan suku bunga, tidak terlihat jelas dinegara Jepang yang telah melakukan program stimulus dalam jangka waktu cukup lama. Berdasarkan proyeksi BOJ, angka inflasi negara tersebut akan mencapai 2% pada tahun 2024, sedangkan pada tahun tahun depan diproyeksikan dapat mencapai 1,1%.

Kebijakan moneter BOJ secara keseluruhan dapat dikatakan netral dengan kecenderungan dovish, mengingat adanya virus omicron yang terjadi di negara tersebut membuat kekhawatiran bank sentral dan pemerintah kedepannya, sehingga berencana akan melakukan penguncian jika virus ini kembali menyebar dengan massif.

Disisi lain pasar saham Amerika Serikat kembali turun dalam 3 hari belakangan ini, karena tingginya imbal hasil 10 tahun obligasi negara tersebut yang mencapai level 1,8%. Tingginya imbal hasil ini dikarenakan para pengamat menilai bahwa kenaikan suku bunga The Fed dapat dilakukan 3 sampai 4 kali pada tahun ini, mengingat angka inflasi negara tersebut sulit untuk dikendaikan.

Efek Terhadap Pasar

Adanya divergen antara kebijakan moneter BOJ dengan The Fed menyebabkan pair USDJPY cenderung bullish kedepannya.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair USDJPY  bergerak dalam range  114.20 – 115.12

Trading Plan :

Buy Limit 113.71 – 114.20 dengan target 115.12 – 115.81

Stoploss 112.67

Grafik USDJPY timeframe D1

usdjpy 19 jan.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

 

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.