Kuroda Peringatkan Ketidakpastian Dan Siapkan Stimulus Jika Dibutuhkan

Baca artikel di situs FBS

Gubernur Bank of Japan (BOJ), Haruhiko Kuroda, Senin peringatkan ketidakpastian ekonomi yang sangat tinggi dan kembali tegaskan kesiapan bank sentral Jepang untuk meningkatkan stimulus jika diperlukan untuk membantu pemulihan ekonomi yang rapuh.

Pernyataan itu pun semakin memperkuat status BOJ menjadi bank sentral utama yang tidak mengubah kebijakan suku bunganya di antara sejumlah bank sentral global yang justru menaikkan suku bunga untuk memerangi inflasi yang melonjak.

Kuroda mengatakan bahwa ketidakpastian ekonomi Jepang sangat tinggi, yang masih belum lepas dari risiko seperti dampak pandemi COVID-19, krisis Ukraina dan kenaikan biaya komoditas. Beliau juga menambahkan bahwa BOJ terus memantau pengaruh nilai tukar yen terhadap ekonomi Jepang.

Melalui pidatonya pada pertemuan triwulanan manajer cabang bank sentral, Kuroda menyatakan tidak ada keraguan untuk mengambil langkah-langkah pelonggaran moneter tambahan yang diperlukan dengan memperhatikan risiko. Kuroda juga mengulangi panduan kebijakan BOJ yang mana bank sentral mengharapkan target suku bunga jangka pendek dan jangka panjang "bergerak pada level saat ini atau lebih rendah.

Ekspektasi Pasar:

USD/JPY masih akan menguat atas ekspektasi BOJ akan tetap menjaga kebijakan moneter ultra-longgarnya, dengan tren USD/JPY masih bullish cukup kuat.

Trading Plan:

Buy USD/JPY di level 137.021 dengan Target Profit di area 137.150 / 137.212

Sell jika USD/JPY turun ke level 136.630 Target Profit di area 136.517 / 136.450

USDJPYH2 1107.png

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.