NZDUSD Coba Bangkit Setelah Dihantam dari Segala Arah

Baca artikel di situs FBS

NZDUSD melanjutkan penurunan tajam menyusul keputusan kebijakan dan sinyal dari Fed ke depannya yang menopang dolar ke level tertinggi dalam beberapa minggu, kini Kiwi tertekan oleh resesi teknis di Selandia Baru dan data makro China yang lemah.

Pasangan Kiwi ini menghadapi tekanan jual yang kuat selama sesi Asia yang menyeretnya mundur dari level tertinggi tiga minggu, di sekitar wilayah 0,6235 yang dicapai kemarin menyusul rilis data makro China yang sebagian besar mengecewakan. Saat ini NZDUSD diperdagangkan di kisaran 0,6165 - 0,6170, turun lebih dari 0,60%.

Dolar Selandia Baru (NZD) semakin terpengaruh oleh data domestik yang buruk, yang menunjukkan bahwa ekonomi Selandia Baru kontraksi sebesar 0,1% di kuartal pertama dan tergelincir ke dalam resesi Secara teknis. Hal ini datang setelah Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) secara eksplisit menyatakan bahwa mereka telah selesai dengan siklus kenaikan suku bunga paling agresif sejak tahun 1999 dan memicu aksi jual agresif pada pasangan NZD/USD. Selain itu, penguatan Dolar AS yang moderat juga menjadi faktor lain yang memberikan tekanan pada pasangan mata uang utama ini.

Para trader sekarang menantikan data ekonomi AS - Penjualan Ritel bulanan, Klaim Pengangguran Awal mingguan, Indeks Manufaktur Negara Bagian Empire, Indeks Manufaktur Philly Fed, dan angka Produksi Industri - untuk dorongan baru nanti selama sesi Amerika Utara awal.

Analisa Teknikal NZDUSD

NZDUSD 15062023.jpg

NZDUSD lanjutkan penurunan pasca keputusan suku bunga Fed dan sinyal yang 'dilantunkan' oleh Ketua Federal Reserve, Jerome Powell dengan candlestick menunjukkan pola bearish Reversal dan terus berlanjut hingga pembukaan perdagangan sesi Asia meski saat ini. Pasangan kiwi ini mencoba untuk pulih dan menjauh dari Simple Moving Average (SMA) 200-hari yang menunjukkan potensi untuk pulih dari penurunan saat ini yang tergambar dengan pola candlestick membentuk double bottom dan seakan mengkonfirmasi pemulihan. 

Potensi BUY NZDUSD dapat dipertimbangkan pada level 0,6205 yang berpotensi naik menuju level 0,6220/0,6230 yang dapat dijadikan area take profit. Sementara pembalikan arah menembus ke bawah level 0,6185 membuka peluang NZDUSD lanjutkan penurunan menuju level 0,6175 /0,6165

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.