NZDUSD Masih Tertekan Jual Di Tengah Kenaikan Ringan Dolar AS

Baca artikel di situs FBS

NZDUSD mengalami tekanan jual besar-besaran dan memperpanjang penurunan hari sebelumnya dari sekitar level 0,6400, level tertinggi sejak 14 Februari. Pasangan ini kehilangan daya tariknya sepanjang awal sesi Eropa dan saat ini tepat di bawah level 0,6300.

Di saat pasar pertimbangkan kenaikan suku bunga 50 bps yang mengejutkan dari Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) pada Rabu, beberapa pemulihan dolar AS dari level terendah di lebih dari dua bulan memberikan tekanan pada pasangan NZDUSD. Data makro AS yang lemah memicu kekhawatiran ekonomi global yang berpotensi turun lebih dalam dan meredam selera investor terhadap aset berisiko.

Namun, kenaikan dolar AS kemungkinan terbatasi di tengah meningkatnya keyakinan pasar bahwa Federal Reserve mendekati akhir siklus kenaikan suku bunga. Pasar saat ini melihat peluang kenaikan suku bunga sebesar 25 bps di pertemuan kebijakan FOMC bulan Mei dan kemungkinan penurunan suku bunga di akhir tahun.

Data laporan ADP AS yang mengecewakan pada hari Rabu, menunjukkan jumlah tenaga kerja sektor swasta AS Hanya menambahkan 145 ribu pekerjaan pada bulan Maret dibandingkan dengan 200 ribu yang diantisipasi. Selain itu, data PMI Jasa ISM AS menunjukkan perlambatan pertumbuhan selama bulan Maret, bersamaan dengan perlambatan dalam sub-indeks Ketenagakerjaan, menunjukkan bahwa upaya Fed untuk mendinginkan pasar tenaga kerja dapat berdampak.

Kondisi ini membuat yield obligasi Treasury AS tertekan mendekati level terendahnya dalam tujuh bulan, yang mungkin menahan pasar untuk menempatkan taruhan bullish agresif terhadap dolar AS dan membantu membatasi penurunan NZDUSD, setidaknya untuk saat ini.

Reaksi Pasar

NZDUSD turun dari level tertinggi di hampir dua bulan di tengah upaya pemulihan dolar AS. Meningkatnya kekhawatiran resesi menopang kenaikan Greenback sebagai tempat berlindung yang aman dan membebani Kiwi yang sensitif terhadap risiko. Proyeksi jeda kenaikan suku bunga Fed yang akan segera terjadi menahan kenaikan dolar AS dan membatasi penurunan NZDUSD.

Tren

NZDUSD memperpanjang tren penurunan di hari sebelumnya dari level 0,6400, namun masih berpotensi kembali menguat.

Rencana Perdagangan

SELL NZDUSD dapat dipertimbangkan pada level 0,6275 dengan target profit pada level 0,6265/0,6260

BUY NZDUSD dapat dipertimbangkan pada level 0,6295 dengan target profit pada level 0,6310/0,6315

NZDUSD 06042023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.