NZDUSD Tembus Level 0,5900, Meski Potensi Kenaikan Terbatas

Baca artikel di situs FBS

NZDUSD turun dari level tertinggi intraday atas pemulihan dolar AS yang saat ini diperdagangkan di sekitar 0,5900 selama sesi Eropa pada hari Jumat (08/09/2023). Yield obligasi AS yang telah memangkas penurunan harian, berperan besar atas kembali menguatnya dolar AS.

Penguatan dolar AS ini didukung oleh konsisten aliran data ekonomi yang positif terkait keadaan ekonomi AS. Indeks dolar AS saat ini diperdagangkan di sekitar level 104,90. Namun, penurunan dolar AS diperkirakan hanya koreksi sesaat, mengingat greenback hanya sedikit melandai dari puncaknya pada hari Kamis, level tertinggi sejak April.

Selain itu, Federal Reserve Amerika Serikat (Fed) yang diperkirakan akan menjaga suku bunga tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama masih menjadi penopang penguatan dolar AS. Selain itu, adanya harapan bahwa Fed akan memberlakukan kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) pada akhir tahun 2023 juga dapat memicu kenaikan lanjutan dolar AS. Sentimen hawkish ini memberikan tekanan besar pada pasangan NZDUSD.

Terkait dengan ketakutan terkait Tiongkok, Presiden China Xi Jinping telah memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam KTT pemimpin G20 yang akan datang di New Delhi pada hari Sabtu ini. Hal ini dapat memperburuk ketegangan yang sudah ada dalam hubungan yang sudah rapuh dan memburuk antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS). Situasi ini sangat perlu diperhatikan mengingat kehadiran Presiden AS Joe Biden dalam acara tersebut.

Analisa NZDUSD

NZDUSD - 08092023.jpg

NZDUSD masih terus berupaya mempertahankan momentum penurunan ringan dolar AS dan membawa mata uang kiwi ini menyentuh level tertinggi intraday di level 0,5914 meski kembali turun dan saat ini masih bertahan di area 0,5905. NZDUSD juga berhasil menembus Simple Moving Average (SMA) 50 yang mengindikasikan tren kenaikan jangka pendek. Kenaikan kiwi terhadap greenback ini diperkirakan masih akan bertahan, jika melihat harga yang saat ini berada di atas level tengah (50) indikator Relative Strength Index pada timeframe H2.

Kenaikan lebih lanjut, membuka peluang BUY NZDUSD pada level 0,5915 yang berpotensi naik menuju area 0,5920 hingga 0,5925. Sebaliknya, jika NZDUSD tidak cukup kuat melanjutkan kenaikan, dan berbalik arah kembali turun di bawah level support penting 0,5900, membuka peluang SELL pada level 0,5894 yang berpotensi turun menuju level 0,5883 hingga level 0,5875.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.