Optimisme Vaksin Covid 19 dan Pesimisnya Harga Emas

Baca artikel di situs FBS

Harga nilai tukar logam mulia emas kembali tertekan turun pada perdagangan di awal pekan ini

Pada perdagangan jumat kemarin harga emas dunia anjlok tajam dan ditutup melemah hingga dibawah level $1800, kembali melemahnya harga emas dunia disebabkan oleh faktor utama dari penemuan vaksin covid 19 dari berbagai perusahaan farmasi ternama di dunia dengan tingkat efektivitas melampaui 90%. Kondisi tersebut tentu memberikan rasa optimisme terhadap pemulihan perekonomian global serta menjadikan sentimen market yang sebelumnya "RISK AVERSE" kini cenderung bergerak "RISK ON". 

Kondisi RISK ON yang saat ini terjadi menjadikan aset beresiko seperti saham cenderung bergerak bullish, dan hal ini terlihat dari pergerakan index Dow Jones yang bahkan menyentuh ke atas level 30000 untuk pertama kalinya. Kondisi RISK ON ini juga akhirnya menjadikan aset safe haven seperti Emas berpeluang kembali bergerak melemah pada perdagangan pekan ini.

Analisa Teknikal

Secara teknikal pergerakan emas saat ini masih berada dalam fase bearish yang sangat kuat, dan hal ini terlihat dari pergerakan candle pada timeframe daily yang telah menembus ke bawah support kuat yang berada pada level 1800.00. Selain itu indikasi turun pair XAUUSD juga tergambar pada indikator berikut:

  • Titik indikator Parabolic SAR masih bertahan di atas candle daily
  • Indikator stokasik masih bertahan di bawah level 20
  • Histogram MACD telah menembus ke bawah garis signal line

Indikasi: Bearish

Emas berpeluang melanjutkan pergerakan turunnya ke level support selanjutnya:

  • S1: 1770.00
  • S2: 1752.00
  • S3: 1736.00

Resisten emas berada pada level

  • S1: 1809.00
  • S2: 1837.00
  • R3: 1863.00

Grafik Emas Timeframe Daily

XAUUSDDaily 30 nov.png

Note: Harap berhati-hati dalam bertransaksi, harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari perubahan fundamental ekonomi dan kondisi geopilitik dunia, gunakan money management yang baik, overlot dan overtrade merupakan penyebab tingginya resiko dalam bertransaksi.

TRADE NOW

Grandi Thoro

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.