Pembicaraan Brexit Membuat EURGBP Menguat

Baca artikel di situs FBS

Pembicaraan antara Uni Eropa dan Inggris pada minggu ini, merupakan penentuan kesepakatan perjanjian Brexit yang hanya tersisa 5 minggu kedepan.

Ketidaksepakatan antara kedua negara ini dapat membuat pair EURGBP cenderung menguat dalam beberapa waktu kedepan. Penundaan negoisasi kedua negara ini sempat terjadi karena team negosiator Uni Eropa Michel Barnier terkena virus covid-19. Inggris secara resmi telah keluar dari Uni Eropa sejak tanggal 31 Januari 2020 dan masuk dalam masa transisi dimana semua masalah perjalanan, perdagangan dan perbatasan masih belum diberlakukan.

Jatuh tempo kesepakatan kedua negara ini adalah tanggal 31 Desember 2020 dan Perdana Menteri Inggris tidak mau memperpanjang kembali batas waktu Brexit ini jika terjadi ketidaksepakatan. Masalah yang masih menjadi batu sandungan pada pembicaraan kedua negara ini adalah persaingan yang adil dan penangkapan ikan.

Jika ratifikasi perjanjian kedua negara ini tidak dapat diselesaikan dengan baik, maka akan merugikan perdagangan kedua negara senilai lebih dari $1 trilliun, yang tentunya akan berdampak pada negara Inggris dan perekonomian global.

Inggris merupakan satu diantara negara maju di dunia, sehingga jika terjadi kekacauan geopolitik, ekonomi dan keuangan pada negara tersebut akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi domestic maupun global serta keruntuhan pasar uang disemua negara di dunia.

Efek Terhadap Pasar

Sisa waktu pembicaraan kesepakatan Brexit semakin dekat sehingga resiko terhadap gagal nya pembicaraan kedua negara semakin meningkat. Keadaan ini akan membuat pair EURGBP cenderung menguat dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair EURGBP  bergerak dalam range 0.8951 – 0.9019

Trading Plan :

 Buy Limit 0.8923 – 0.8951 dengan target 0.9019 – 0.9040

Grafik EURGBP  timeframe D1

eurgbp 30 nov.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.