Pemulihan EURUSD Targetkan 1.0500 Untuk Bisa Lanjut Positif

Baca artikel di situs FBS

Pasangan mata uang EURUSD kehilangan lebih dari seratus pips pada hari Senin kemarin, melanjutkan penurunan yang dimulai pada sesi Amerika hari Jumat lalu. EURUSD turun di bawah 1,0500 hingga mencapai level terendah multi-bulan. Pasangan ini masih berada di bawah tekanan setelah rebound jangka pendek pada perdagangan Selasa (03/10/2023).

Penggerak utama EURUSD adalah pergerakan menguat pada dolar AS. Kombinasi sentimen risk-off di pasar global dan imbal hasil yang lebih tinggi terus mendorong indeks dolar AS (DXY). DXY berada sedikit di bawah 107,00, naik untuk hari keenam dari tujuh hari terakhir. Wall Street membukukan hasil yang beragam setelah reli bantuan menyusul kesepakatan di antara anggota parlemen AS untuk menghindari shutdown pemerintah. Pada saat yang sama, imbal hasil AS tetap kuat, dengan obligasi 10-tahun mencapai 4,70% untuk pertama kalinya sejak tahun 2007, ketika pejabat Federal Reserve berbicara tentang ketahanan perekonomian.

Data ekonomi AS berada di atas ekspektasi, dengan PMI Manufaktur ISM di angka 49 pada bulan September, melampaui konsensus pasar sebesar 47,7. Pada hari Selasa (malam nanti), laporan JOLTS akan dirilis, diikuti oleh laporan ADP pada hari Rabu. Poin penting untuk data pasar tenaga kerja adalah Nonfarm Payrolls pada hari Jumat. Data yang lebih lemah dari perkiraan dapat menghambat penguatan dolar AS, sementara data yang lebih optimis akan semakin memperkuat greenback karena akan memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga lagi dari The Fed.

Di Zona Euro, tingkat pengangguran turun seperti yang diharapkan dari 6,5% menjadi 6,4% pada bulan Agustus. Pembacaan akhir PMI Manufaktur untuk wilayah tersebut dikonfirmasi pada 43,4.

Analisa Teknikal EURUSD

EURUSDH2 03102023.png

Pemulihan EURUSD masih tertahan di level 23% Fibonacci Retracement (FR), 1.0490. Kenaikan bisa berlanjut jika EURUSD berhasil pulih dan menembus ke atas 1.0500 untuk menuju resistance lebih tinggi di 38% FR, 1.0510 dan Pivot 1.0514.

Login Sekarang.png

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.