Pidato Kazuo Ueda Hantarkan GBPJPY Ke Level Tertinggi Baru Sejak Desember 2015

Baca artikel di situs FBS

Para investor yang berharap GBPJPY bergerak naik, merespons dengan antusias komentar dovish dari Gubernur Bank of Japan (BoJ) Kazuo Ueda sehingga menghantarkan pasangan mata uang ini melonjak ke level tertinggi sejak Desember 2015, naik 0,55% intraday di sekitar 180,40.

Sebelumnya pada Jumat pagi (16/06/2023), BoJ mempertahankan target suku bunga jangka pendek pada level -0,1% sambil mengarahkan yield obligasi Pemerintah Jepang (JGB) 10 tahun dengan kisaran +/-0,50% dengan harapan tekanan inflasi akan segera mereda. Untuk mempertahankan pandangan tersebut, Ueda dari BoJ baru-baru ini mengatakan, "Dibutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai target inflasi 2% bank sentral."

Menguatnya sterling terhadap yen ini juga karena perbedaan sikap dan langkah baik BoE maupun BoJ dalam merespons inflasi. BoJ yang mempertahankan suku bunga untuk mengendalikan kondisi ekonomi negaranya sangat bertolak berseberangan dengan BoE yang sangat diharapkan akan kembali menaikkan suku bunga nya.

Analisa Teknikal GBPJPY

GBPJPY 16062023.jpg

GBPJPY naik untuk hari keempat berturut-turut dan mencapai level tertinggi beberapa bulan setelah pidato Gubernur Bank of Japan (BoJ) Kazuo Ueda yang membela kebijakan pelonggaran dengan mengacu pada harapan meredanya inflasi. Meski sempat melemah di pembukaan Jumat, GBPJPY rebound setelah BoJ memutuskan untuk mempertahankan kebijakan, dan kenaikan terus berlanjut setelah gubernur BoJ Ueda menyatakan pandangannya terhadap kebijakan yang diambil oleh bank sentral Jepang.

GBPJPY terus menjauh dari indikator Moving Average 50, 100, dan 200 yang menunjukkan keberlanjutan tren Bullish pasangan ini. Dengan sentimen terhadap Yen yang terus melemah, open BUY GBPJPY dapat dipertimbangkan pada level 180,90 jika menembus level tertinggi sejak Desember 2015 di level 180,86 yang berpotensi naik menuju level 181,15 hingga level 181,25. Namun potensi GBPJPY koreksi dari kenaikan saat ini dapat terjadi, dengan open SELL pada level 180,40 yang berpotensi turun menuju level 180,30 hingga ke 180,25.

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.