Pola Bullish Divergence Pada Pair XAUUSD

Baca artikel di situs FBS

Harga emas bergerak stabil menguat sepanjang pekan lalu, dan diperkirakan penguatan tersebut masih akan berlanjut hingga pekan ini.

Harga emas naik dari level terendah pekan lalu di level 1750, dan kini emas telah menguji resisten level 1795. Emas bergerak menguat disebabkan oleh kembali terkoreksi turunnya index US Dollar pasca rilis laporan NFP dan juga Tingkat Pengangguran Amerika pada jumat kemarin. Meskipun rilis data NFP mencatatkan hasil yang bagus yakni 850K lowongan kerja baru, dan data ini melampaui perkiraan 725K dan lebih baik dari data NFP sebelumnya sebesar 583K.

Namun meski mencatatkan data NFP yang baik Index USD tetap tertekan pasca rilis data tingkat pengangguran Amerika yang melonjak tinggi hingga ke level 5.9%, dan data ini lebih buruk dibanding perkiraan 5.6% dan data bulan sebelumnya sebesar 5.8%. Akibat rilis data tingkat pengangguran Amerika tersebut Index USD sontak melemah dan saat ini bertengger di level 92.3, dan hal tersebut juga membawa nilai harga emas berpotensi menguat hingga pekan ini.

Analisa Teknikal

Secara teknikal pair XAUUSD berpotensi kembali menguat pada pekan ini, hal ini terlihat dengan adanya sebuah pola bullish divergence yang terbentuk pada timeframe daily. Selain itu terdapat beberapa indikator yang memberi potensi penguatan terhadap emas diantaranya:

  • Titik indikator Parabolic SAR dan Fractals telah berada di bawah candle daily
  • Indikator stokastik telah cross ke atas
  • Histogram indikator MACD telah berada di atas garis signal line

Indikasi: Bullish

Validitas: 5 -  7 Juli

Strategi: buy di level 1780 -1770

Take Profit: 1794 - 1810

Support: 1760

Stop Loss: 1745

Grafik XAUUSD Timeframe Daily

XAUUSDDaily 5 juli.png

Note: Harap berhati-hati dalam bertransaksi, harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari perubahan fundamental ekonomi dan kondisi geopilitik dunia, gunakan perhitungan money management dan risk management yang baik, overlot dan overtrade merupakan penyebab tingginya resiko dalam bertransaksi.

TRADE NOW

Grandi Thoro

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.