Pola Candle Shooting Star Pada Pair EURUSD

Baca artikel di situs FBS

Pergerakan nilai tukar pasangan mata uang EURUSD pada perdagangan pekan ini mengalami tekanan turun 

Melemahnya mata uang Euro terhadap US Dollar terjadi akibat kembali menguatnya index USD pada minggu ini. Penguatan terhadap data ekonomi amerika tercatat pada sektor Manufaktur, ketenaga kerjaan dan juga tingkat klaim pengangguran.

Analisa Fundamental

Dari data ISM Manufacturing PMI Amerika mencatatkan penguatan dan berada pada level 56,0 data ini lebih tinggi dibandingkan data sebelumnya sebesar 54,2. Disamping itu data ADP non-farm juga mengalami penguatan sebesar 428K dan data ini juga lebih besar dibandingkan data sebelumnya sebesar 212K, serta dari data terbaru disektor Jobless Claim Amerika mencatatkan penurunan dari sebelumnya 1011K kini menjadi 881K. Kondisi membaiknya data ekonomi Amerika tersebut tentu memberi penguatan terhadap index USD yang kini berada di level 92,7. 

Disisi lain melemahnya mata uang Benua Biru juga terjadi akibat faktor internal ekonomi zona eropa yang sebagian tercatat menurun, diantaranya data Service PMI dan juga data Manufacturing PMI dari negara Perancis dan juga Jerman yang melemah akhir-akhir ini. Disamping itu program stimulus yang digelontorkan Bank sentral Eropa dan juga kebijakan ECB yang mempertahankan tingkat suku bunga rendah juga menjadi faktor tekanan terhadap mata uang Euro.

Analisa Teknikal

Dari pergerakan harga nilai tukar mata uang EURUSD pada grafik timeframe Daily terdapat sebuah pola harga Double Top yang merupakan pertanda adanya level resisten yang kuat, serta terdapat juga pola candle shooting star yang memberi indikasi turun bagi pair EURUSD. Tekanan turun EURUSD juga tergambar dari indiator berikut:

  • Titik indikator Parabolic SAR masih berada diatas candle daily
  • Garis stokastik telah cross kebawah
  • Histogram indikator MACD masih berada dibawah garis signal line

Beberapa indikator berikut memberikan sinyal turun bagi pergerakan pair EURUSD

Indikasi: Bearish

EURUSD memiliki peluang turun ke level support di harga 1.17883 sampai dengan 1.17169

Resisten EURUSD berada pada level harga 1.19310

Grafik EURUSD Timeframe Daily

EURUSDDaily 4 sept.png

Note: Harap berhati-hati dalam bertransaksi, harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari perubahan fundamental ekonomi dan kondisi geopilitik dunia, gunakan money management yang baik, overlot dan overtrade merupakan penyebab tingginya resiko dalam bertransaksi.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.