Rapat OPEC Menjadi Fokus Pelaku Pasar

Baca artikel di situs FBS

Hari ini negara negara penghasil minyak / OPEC akan bertemu di Wina untuk menetapkan kebijakan pasokan minyak dunia di Wina. OPEC telah menetapkan pemotongan produksi minyak dunia 1,2 juta barrel/ hari sejak awal tahun ini dan akan kembali memotong 400.000 barrel/ hari dalam pertemuan hari ini.

Jatuhnya harga minyak dunia tentunya membuat negara penghasil minyak dunia merugi dan ini disebabkan oleh pasokan minyak yang berlebih dan perang dagang Amerika – China yang tidak kunjung mereda. Pemotongan out put minyak dunia ini diprakarsai oleh Arab Saudi dan banyak ditentang oleh Irak dan Nigeria, walaupun saat ini Irak mulai mendukung pemotongan lebih lanjut atas produksi minyak yang disepakati oleh negara OPEC.

Setelah negara OPEC meeting hari ini, maka aka nada pertemuan lebih lanjut dengan negara non OPEC , esok hari yang diketuai oleh Rusia. Pemotongan produksi minyak oleh negara OPEC dan non OPEC bertujuan agar harga minyak seimbang, dan tidak merugikan negara penghasil minyak tersebut, tetapi mendapat tentangan dari Presiden Trump.

Pemotongan produksi minyak hanya akan menaikan harga minyak dunia dan tentunya akan menambah beban bagi industry domestic dan global sehingga akan memperlambat pertumbuhan ekonomi dunia.

Disisi lain bank sentral Canada memutuskan kebijakan moneternya dengan tidak mengubah suku bunga acuan 1,75%. Nada hawkish terlihat dalam pernyataan resmi kebijakan moneter BOC, sehingga penguatan mata uang Dollar Canada akan terus berlanjut dengan adanya dukungan pemotongan produksi minyak oleh negara OPEC dan non OPEC , karena Canada adalah penghasil minyak non OPEC nomor 3 terbesar dunia.

Naiknya harga minyak dunia dan pelemahan mata uang US Dollar akan membuat pair USDCAD akan berada di range level 1.3218 – 1.3138

Trading Plan :

Sell Limit  1.3218 target 1.3138

USDCAD Timeframe Daily

usdcad 5 des.png

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.