RBA Minutes: RBA Masih Berpotensi Naikkan Suku Bunga

Baca artikel di situs FBS

Pasar saham Asia masih tertahan di bawah level tinggi 1,5 bulan pada perdagangan Selasa (20/02/2024), karena penurunan suku bunga yang lebih besar dari perkiraan di Tiongkok gagal untuk menggairahkan investor yang letih karena kurangnya langkah-langkah stimulus yang lebih besar. Wall Street libur kemarin, sehingga pasar saham akan bertumpu pada fundamental pasar saham regional Asia terutama dari Tiongkok.

Dolar naik tipis pada hari Senin setelah naik selama lima minggu berturut-turut didukung data inflasi yang kuat, sementara yen diperdagangkan mendekati level psikologis penting 150. Sementara, euro turun 0,12% pada $1,0763, setelah jatuh ke level terendah tiga bulan di $1,0695 pada minggu lalu. Sterling tidak berubah pada $1,2595.

Risalah pertemuan terakhir The Fed, yang dijadwalkan rilis pada hari Rabu, kemungkinan akan menjadi fokus utama bagi investor minggu ini. Pasar pada awal bulan Januari mengharapkan enam pemotongan dari The Fed dan kami sekarang memperkirakan hanya tiga pemotongan.

Saat ini, data yang datang dari Jepang menunjukkan bahwa kondisinya tidak segembira yang diharapkan oleh BOJ untuk mulai menjauh dari suku bunga negatif. Perekonomian Jepang, yang secara tak terduga tergelincir ke dalam resesi pada kuartal terakhir tahun lalu karena lesunya konsumsi dan belanja modal, telah mendorong investor untuk memikirkan kembali kemungkinan keluarnya Bank of Japan (BOJ) dari kebijakan moneternya yang sangat longgar dalam waktu dekat kebijakan.

Reserve Bank of Australia telah mempertimbangkan untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut dalam pertemuan awal bulan ini, risalah pertemuan tersebut menunjukkan pada hari Selasa, di tengah kekhawatiran yang terus-menerus mengenai inflasi yang mengakar di negara tersebut. Meskipun bank sentral pada akhirnya mempertahankan target suku bunga resminya tidak berubah di 4,35%, risalah pertemuan RBA bulan Februari menunjukkan bahwa beberapa anggota telah mengajukan usulan kenaikan sebesar 25 basis poin.

Harga emas turun tipis di awal sesi Asia pada hari Selasa, tertekan oleh penguatan dolar dan peningkatan imbal hasil obligasi pemerintah, sementara para pedagang juga menunggu isyarat lebih lanjut dari risalah pertemuan terakhir Federal Reserve AS.

Outlook AUDUSD

ssAUDUSD-2022024.png

AUDUSD ditutup naik pada perdagangan yang datar kemarin. AUDUSD mencoba untuk positif, kembali ke atas MA100. Ada peluang untuk kembali bullish menuju R1 0.6552.

Jika AUDUSD berhasil memanfaatkan momentum rebound, maka AUDSD akan berlanjut naik menuju R2 0.6566 dan MA200.Sebaliknya, gerak koreksi masih akan terbatas pada S2 0.6509 dan MA50.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.