Sentuh Level puncak Harian, GBPUSD Kembali Dekati 1,2100

Baca artikel di situs FBS

GBPUSD kembali mendapat traksi baru dan tengah menuju level psikologis 1,2000 dan menghentikan penurunan semalam. Pergerakan positif di sesi hari ini meningkat sejak awal sesi Eropa dan mengangkat harga ke level tertinggi baru harian, di sekitar wilayah 1,2085.

Dolar AS turun dari level tertinggi multi-minggu yang disentuh di sesi Selasa, yang dilihat sebagai faktor utama yang mendorong GBPUSD terus menguat. Data PMI China yang positif di Februari memicu optimisme pemulihan ekonomi China semakin meningkat dan meningkatkan kepercayaan pasar. Sentimen ini membebani greenback sebagai safe-haven.

Pound mendapat dukungan tambahan dari perjanjian Inggris-UE terbaru atas protokol Irlandia Utara, menghilangkan risiko potensi perang dagang antara kedua belah pihak. Meningkatnya ekspektasi kenaikan suku bunga tambahan oleh Bank of England (BoE) juga memberikan beberapa dukungan pada GBPUSD. 

Sementara itu, Federal Reserve secara universal diperkirakan akan mempertahankan sikap hawkish nya lebih lama menyusul inflasi yang sangat tinggi. Dan kondisi ini masih mendukung menguatnya yield obligasi Treasury AS dan akan bertindak mendorong kenaikan dolar AS.

Reaksi Pasar

GBPUSD kembali mendapatkan traksi positif dan didorong oleh dari berbagai faktor. Trader saat ini menantikan data PMI Manufaktur Inggris, meski fokus utama masih pada pidato Gubernur BoE, Andrew Bailey. Selanjutnya, indeks PMI Manufaktur ISM AS dapat memengaruhi dolar AS dan mendorong kenaikan greenback.

Tren

GBPUSD kembali mendapat kekuatan untuk rebound dari penurunan di sesi kemarin dan melanjutkan tren bullish pekan ini dan siap menuju level psikologis 1,2100.

Rencana Perdagangan

Potensi BUY GBPUSD dapat dipertimbangkan pada level 1,2110 jika berhasil menembus level psikologis 1,2100 dengan target profit pada level 1,2120/1,2125.

Potensi SELL GBPUSD dapat dipertimbangkan pada level 1,2085 jika gagal menembus level psikologis 1,2100 dengan target profit pada level 1,2075/1,2070.

GBPUSD 01032023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.