Tensi Perang Mereda, USDJPY Kembali Menguat

Baca artikel di situs FBS

Analisa Fundamental

Tensi perang antara Amerika dan Iran sempat memanas pada awal tahun ini hal ini terjadi pasca penyerangan oleh drone Amerika yang menewaskan seorang jendral Iran yang bernama Qasem Soleimani yang terjadi di bandara kota Baghdad Irak, Qasem Soleimani tewas akibat serangan rudal yang diluncurkan oleh drone militer Amerika pada hari jumat 3 januari pekan lalu. Hal tersebut sontak membuat Iran geram dan marah serta mengutuk aksi militer Amerika tersebut.

Menanggapi serangan tersebut akhirnya pada rabu pagi 8 januari Iran akhirnya meluncurkan serangan rudal sebagai balasan terhadap serangan yang dilancarkan oleh Amerika, Iran menyasar pangkalan Amerika di Irak dan menyebabkan kerusakan yang cukup berat, hal ini kemudian mendapat tanggapan dari Presiden Trump. Pada pernyataan resmi yang diucapkan Trump diketahui terdapat 2 pangkalan militer yang terkena dampak kerusakan akibat serangan rudal oleh Iran, dan tidak ada korban jiwa dalam serangan tersebut, kemudian Trump juga memberi tambahan sanksi ekonomi bagi Iran dan lebih memilih untuk tidak melakukan serangan balasan untuk meredam tensi perang antara kedua negara. Kondisi ini jelas menjadikan nilai aset safe haven yang sebelumnya menguat tajam menjadi melemah secara signifikan termasuk bagi mata uang Yen Jepang.

Analisa Teknikal

Pada timeframe daily, jika dilihat dari indikator Parabolic SAR telah berada dibawah candle, dan ini memberi sinyal naik bagi USDJPY

Indikator stokastik juga telah cross keatas memberikan indikasi naik 

Indikator ADX yang mengarah kebawah menunjukkan kekuatan trend turun sudah melemah dan memberikan peluang naik bagi USDJPY

Jika Histogram indikator MACD berada diatas garis signal line, maka besar peluang bagi pair USDJPY untuk kembali menguat pada perdagangan pekan ini.

Indikasi: Bullish

USDJPY memiliki peluang naik pada level reisten sealanjutnya di harga 109.867 sampai dengan 110.480

Level support berada pada level harga 107.818

USDJPY Timeframe Daily

USDJPYDaily 9jan.png

Trade Now

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.