USDCAD Kembali Incar 1.3600, Abaikan Rebound Harga Minyak

Baca artikel di situs FBS

USDCAD mendapat sentimen positif baru dan mengumpulkan traksi dalam pergerakan yang positif. Momentum ini telah mendorong mata uang ‘tetangga’ ini kembali menembus di atas angka 1,3600 atas sentimen positif terhadap dolar AS, meski kembali turun di area 1,3580.

Greenback kembali diburu pasar setelah melemah di awal pekan dan bertahan di dekat level tertinggi tujuh bulan di tengah prospek kelanjutan pengetatan kebijakan oleh Federal Reserve. Dan saat ini optimisme pasar bahwa bank sentral AS harus menaikkan suku bunga lebih besar dari perkiraan semula dalam upaya mengendalikan inflasi yang sangat tinggi. Indeks Harga PCE AS yang dirilis Jumat lalu, mengindikasikan bahwa inflasi tidak turun seperti yang diharapkan.

Selain itu, data makro AS yang dirilis justru menunjukkan ekonomi AS cukup tangguh meski biaya pinjaman meningkat dan akan memungkinkan Fed untuk mempertahankan sikap hawkish nya lebih lama. Hal ini memicu kenaikan imbal hasil obligasi AS dan terus memberikan dukungan kepada USD. Nada risiko yang lebih lemah di tengah risiko resesi yang membayangi dan ketegangan geopolitik justru menguntungkan status safe-haven Greenback.

Di sisi lain, kenaikan harga minyak mentah tampaknya tidak memengaruhi kenaikan USDCAD, yang cenderung mendukung Loonie yang terkait dengan komoditas. Dan pasar saat ini menantikan rilis data PDB Kanada bulanan, yang akan dirilis hari ini. Sementara dari AS, data Indeks Keyakinan Konsumen AS dari Conference Board dan PMI manufaktur regional juga Menjadi fokus pasar.

Reaksi Pasar

USDCAD lanjutkan kenaikan di tengah penguatan dolar AS mengikuti kenaikan yield obligasi AS dan sentimen risiko yang lebih luas yang mendorong permintaan dolar. Selain itu, kenaikan harga minyak mentah seakan tidak mampu menahan kenaikan pasangan ini.

Tren

USDCAD mendapatkan kembali traksi positif pada hari Selasa di tengah kembalinya sentimen positif terhadap dolar AS. Ekspektasi Hawkish Fed, peningkatan yield obligasi AS, dan kekhawatiran resesi kombinasi yang lengkap mendorong kenaikan dolar AS sekalipun harga Minyak mencatat kenaikan.

Rencana Perdagangan

Potensi BUY USDCAD dapat dipertimbangkan pada level 1.3605 dengan target profit di level 1.3635/1.3650

Potensi SELL USDCAD dapat dipertimbangkan pada level 1.3570 dengan target profit di level 1.3550/1.3540

USDCAD 28022023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.