USDCAD Menghadapi Tekanan Atas Kenaikan Harga Minyak Mentah

Baca artikel di situs FBS

Harga minyak mentah melonjak hingga mencapai level tertinggi satu tahun atas indikasi berkurangnya pasokan global dan kehati-hatian pasar terkait pemulihan ekonomi Tiongkok, importir minyak terbesar dunia. Harga WTI lanjutkan kenaikan hari ketiga, diperdagangkan di atas $93.20 per barel.

Data Persediaan Minyak Mentah EIA pada minggu hingga 22 September menunjukkan persediaan minyak berkurang sebanyak 2.170 juta barel dari penurunan sebesar 2.135 juta barel seminggu sebelumnya. Pasar mengharapkan persediaan minyak akan berkurang hanya sebesar 0,32 juta barel.

Penurunan persediaan minyak mentah AS menimbulkan kekhawatiran tentang kemunduran ekonomi yang disebabkan oleh kenaikan cepat biaya pinjaman, yang mendukung harga WTI. Hal ini memengaruhi pasangan USDCAD karena Kanada merupakan salah satu eksportir minyak terbesar AS.

Sementara itu, indeks dolar AS terus menguat dan mencapai level tertinggi sejak Desember, didukung oleh sentimen Risk-Aversion, yield obligasi AS yang lebih tinggi, dan data ekonomi. Kenaikan dolar AS ini lebih distribusikan pada kinerja positif yield obligasi AS dalam menghadapi kemungkinan penutupan pemerintah AS yang akan datang.

Pasar akan alihkan fokus pada data Produk Domestik Bruto (PDB) Kanada pada hari Jumat. Selain itu, Indeks Harga Konsumen Inti PCE AS, yang merupakan ukuran preferensi Fed terhadap inflasi konsumen, akan menjadi sorotan, yang diperkirakan mencatat penurunan menjadi 3,9% dari 4,2%

Analisa USDCAD

USDCAD 28092023.jpg

USDCAD lanjutkan penurunan untuk hari kedua berturut-turut, diperdagangkan di sekitar area 1.3490 selama sesi perdagangan Eropa, Kamis, yang menghadapi tantangan atas kenaikan harga minyak mentah. Potensi kenaikan USDCAD menunggu konfirmasi harga apakah berhasil menembus level pivot Daily di level 1,3511, meski kelihatan cukup sulit mengingat harga hanya sedikit di atas Simple Moving Average (SMA) 50, indikator tren jangka pendek.

Penembusan ke atas level pivot ini akan membuka peluang BUY USDCAD pada level 1,3515 dengan target profit di level 1,3522/1,351130. Sementara potensi USDCAD ini untuk turun jika harga turun dan menembus ke bawah SMA 100 yang menunjukkan tren Bearish jangka menengah. Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 1,3486, dengan target profit pada level 1,3479/1,3471.

Login Sekarang.png

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.