USDCAD Perbarui Level Terendah Intraday Jelang Data PMI Kanada

Baca artikel di situs FBS

USDCAD mencatat penurunan hingga ke level 1,3235 setelah bergerak datar selama sesi Asia. Penurunan terbaru pasangan Loonie ini dapat dihubungkan dengan kenaikan harga barang ekspor utama Kanada, serta indeks dolar AS yang mencatat penurunan.

Harga minyak mentah WTI menguat ringan di sekitar area $70,50 per barel memperkuat pengumuman terbaru dari Arab Saudi dan Rusia yang kembali memangkas pasokan minyak. Meningkatnya permintaan minyak dari AS dan Tiongkok juga dapat memberikan dukungan kepada harga minyak, karena kedua negara tersebut sedang berusaha mengatasi perbedaan yang terjadi belakangan ini.

Di sisi lain, dolar AS mencatat level terendah intraday di dekat 102.90, pada hari ini, atas reaksi para pelaku pasar terhadap data Manufacturing PMI AS yang mengecewakan untuk bulan Juni yang dirilis pada hari sebelumnya.

Libur nasional Amerika Serikat juga memungkinkan pasangan USDCAD mencatat penurunan karena para pelaku pasar menantikan data ekonomi Kanada. Laporan Outlook Bisnis Bank of Canada (BoC) dan data Manufacturing PMI Global S&P untuk bulan Juni akan menjadi hal yang penting untuk diamati guna mendapatkan arah yang jelas.

Sementara itu, inversi kurva imbal hasil obligasi AS menandakan kekhawatiran tentang resesi dan bergabung dengan kecemasan mengenai hubungan antara Amerika Serikat dan Tiongkok, karena Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, berada di Beijing untuk pembicaraan diplomatik, yang dapat mempengaruhi sentimen pasar dan memberikan dukungan bagi harga USDCAD.

Analisa Teknikal USDCAD

USDCAD 04072023.jpg

Pasangan USDCAD tidak cukup kuat menahan penurunan setelah melewati sesi Asia dengan konsolidasi hingga menyentuh level terendah intraday sejak pembukaan sesi Eropa. Pasangan ini juga masih bergerak di area bawah rentang harga empat hari terakhir dan tertahan di garis indikator Simple Moving Average 200 (SMA200) indikator tren jangka Panjang, yang menunjukkan tren sideway pasangan ini masih akan berlanjut.

Namun, jika USDCAD berhasil melewati SMA200, terbuka peluang untuk melanjutkan kenaikan menuju SMA50 yang menjadi indikator tren jangka pendek dan dapat dijadikan sebagai resistance kuat terdekatnya.

Skenario ini membuka peluang BUY USDCAD pada level 1,3249 yang berpotensi naik menuju level 1,3265/1,3274. Sebaliknya, jika gagal, menembus SMA200 membuka peluang SELLUSDCAD pada level 1,3228 yang berpotensi turun menuju level 1,3215/1,3208.

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.