USDCAD Tembus Ke Atas Level 1,3400; Dolar AS pulih, Harga Minyak Turun

Baca artikel di situs FBS

USDCAD mencerminkan ketidakpastian pasar menjelang data inflasi AS yang sangat penting dan mendukung proyeksi bullish pasangan ini di level tertinggi di hampir empat bulan, bergerak di kisaran 1,3385-1,3380 pada hari Senin (07/08/2023). Pasangan Loonie ini juga seakan mengkonfirmasi penurunan harga minyak mentah WTI terbaru, komoditas ekspor utama Kanada, serta pemulihan Dolar AS.

Harga minyak mentah WTI mencapai level tertinggi di dua bulan di dekat 83,00 sebelum akhirnya turun ke level $82,30. Pembicaraan tentang krisis pasokan yang diakibatkan oleh Arab Saudi dan Rusia bersama keputusan OPEC+ untuk mempertahankan pemotongan produksi, mendorong kenaikan harga minyak. Namun, kekhawatiran terbaru akibat badai taifun Doksuri di Tiongkok memberikan tekanan pada harga minyak.

Di sisi lain, kemampuan Indeks dolar AS untuk mengakhiri tren penurunan selama dua hari dengan kenaikan ringan di sekitar level 102,20 mendukung para pelaku pasar tetap fokus pada proyeksi bullish USDCAD. Perlu dicatat bahwa data tenaga kerja AS yang relatif lebih baik dan pembicaraan hawkish dari Fed mendukung kenaikan USDCAD sekalipun kenaikan harga minyak membatasi kenaikan pasangan Loonie ini.

Ke depannya, kalender ekonomi Kanada dan AS tampaknya sebagian besar sepi, kecuali data perumahan dan perdagangan tingkat kedua Kanada, yang selanjutnya pasar akan fokus pada Indeks Harga Konsumen (CPI) dan Indeks Harga Produsen (PPI) AS untuk Juli di minggu ini untuk arah yang jelas. Jika data inflasi AS mengindikasikan tekanan harga yang meningkat, potensi bullish USDCAD mencatat kenaikan lebih lanjut berpotensi terjadi.

Analisa Teknikal USDCAD

USDCAD 07082023.jpg

Secara teknikal, pasangan USDCAD masih dalam tren Bullish dan penurunan singkat saat ini atau sebelumnya diyakini hanya sebuah koreksi saja. Ini dapat dilihat dengan sangat jelas, harga USDCAD saat ini berada jauh di atas tiga indikator Simple Moving Average (SMA) 500, 100, dan 200 yang menunjukkan tren kenaikan yang berkepanjangan. Tren pasangan ini juga seakan dikonfirmasi oleh indikator Relative Strength Index yang cukup nyaman berada di atas area tengah 5.

Kenaikan lebih lanjut, membuka peluang BUY USDCAD pada level 1,3395 dengan target profit pada level 1,3405 hingga ke level 1,3415. Sebaliknya, jika harga kembali melemah, USDCAD berpeluang kembali turun ke level 1,3355 hingga ke level 1,3343, dengan potensi SELL dapat dipertimbangkan pada level 1,3467.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Join Kanal Telegram Resmi : @fbsanalyticsinindonesia

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.