USDCHF Pulih, Kenaikan Suku Bunga SNB Gagal Angkat CHF

Baca artikel di situs FBS

USDCHF mencatat kenaikan cukup baik pada perdagangan Kamis (22/06/2023) setelah Swiss National Bank (SNB) mengumumkan keputusan kebijakannya dengan kenaikan suku bunga sebesar 25 bps. Keputusan ini sesuai yang diperkirakan pasar namun kurangnya sinyal hawkish baru memberikan tekanan pada Swiss Franc. Kenaikan terbatas dolar AS masih memberikan kekuatan untuk USDCHF di tengah ketidakpastian mengenai kenaikan suku bunga oleh Fed.

Pasangan USDCHF melonjak hampir 50 pip setelah SNB mengumumkan keputusan kebijakannya dan mencapai level harian baru, di sekitar kisaran 0,8950 selama sesi awal Eropa pada hari Kamis. Franc Swiss (CHF) melemah di seluruh pasar setelah SNB, seperti yang diperkirakan, memutuskan untuk meningkatkan suku bunga deposito acuan sebesar 25 bps, dari 1,50% menjadi 1,75%. Ini merupakan kenaikan suku bunga kelima secara beruntun, meskipun kurangnya sinyal hawkish baru menguatkan harapan bahwa SNB akan tetap pada posisi terkini setidaknya hingga akhir tahun.

Kenaikan terbatas dolar AS yang mampu mendorong USDCHF menguat, masih kurang meyakinkan akibat ketidakpastian mengenai jalur kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve (Fed). Faktanya, dua pejabat Fed pada hari Rabu meminta kesabaran lebih dalam kenaikan suku bunga untuk memungkinkan dampak dari pelonggaran yang telah dilakukan sejauh ini meresap ke dalam ekonomi.

Analisa Teknikal USDCHF

USDCHF 22062023.jpg

USDCHF masih jauh dari garis Simple Moving Average 50 (SMA50) yang dapat dijadikan sebagai level Resistance penting yang harus ditembus untuk memastikan pasangan ini untuk pulih dari penurunan tajam pekan lalu. Kenaikan di atas level 0,8940 membuka peluang BUY USDCHF di sekitar level 0,8940 dengan target profit pada level 0,8956/0,8965.

Meski demikian, tetap waspadai USDCHF kembali melanjutkan tren penurunan dari pekan lalu, dengan peluang   posisi SELL pada level 0,8922 dengan target profit pada level 0,8910/0,8905.

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.