USDJPY Kembali Dekati Level 138,00 Mengikuti Rebound Indeks Dolar AS

Baca artikel di situs FBS

USDJPY melanjutkan pemulihan tajam dari level 137,60 menuju level penting 138,00. Pasangan mata uang ini kembali menguat setelah indeks dolar AS mendapatkan kekuatan kembali dan berhasil menahan penurunan setelah menyentuh level terendah harian baru di 103,00.

Sentimen pasar kembali menjadi cukup positif karena investor semakin percaya diri terkait kenaikan plafon utang AS menjelang negosiasi antara Presiden AS Joe Biden dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kevin McCarthy yang diharapkan dapat memberikan kejelasan.

Katalis lain yang mendukung sentimen pasar adalah harapan adanya hubungan yang lebih baik antara China dan AS. Presiden AS Joe Biden mengatakan pada akhir pertemuan Grup Tujuh di Jepang pada hari Minggu bahwa ia mengharapkan hubungan dengan Tiongkok akan "segera" membaik pasca perselisihan mengenai dugaan balon mata-mata yang terjadi awal tahun ini dan mengganggu hubungan.

Indeks dolar AS pulih hingga mendekati level 103,30 dan masih berpotensi menembus ke atas level tersebut meski Federal Reserve diperkirakan akan menghentikan siklus pengetatan kebijakan yang agresif imbas kondisi kredit yang ketat di perbankan AS dan menyebabkan pemangkasan likuiditas di ekonomi.

Sementara dari Tokyo, ekonomi Jepang menunjukkan ketahanan setelah data Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal pertama Jepang mengalami pertumbuhan yang signifikan sebesar 0,7%. Selain itu, tekanan inflasi telah pulih setelah pertumbuhan upah dan pulihnya permintaan. Meskipun demikian, sikap Bank of Japan (BoJ) atas suku bunga yang dovish tidak dapat diabaikan.

Reaksi Pasar

USDJPY menguat tajam mencoba mempertahankan kenaikan ke atas level 138,00 menyusul indeks dolar AS yang berhasil rebound di tengah keyakinan pasar bahwa the Fed diperkirakan akan menghentikan siklus kebijakan suku bunga yang agresif.

Tren

USDJPY berpotensi melanjutkan pemulihan tajam dari 137,60 menuju level 138,30 atas penguatan dolar AS di tengah berbagai sentimen positif untuk greenback.

Rencana Perdagangan

Potensi BUY USDJPY dapat dipertimbangkan di level 137,95 dengan target profit pada level 138,10/138,30

Potensi SELL USDJPY dapat dipertimbangkan di level 137,65 dengan target profit pada level 137,50/137,20

USDJPY 22052023.jpg

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.