USDJPY Siap Rebound, Manfaatkan Libur Pasar AS

Baca artikel di situs FBS

Pasangan mata uang USDJPY tetap defensif di sekitar 146,10/15 menjelang sesi Eropa Senin (04/09/2023) setelah menyaksikan awal yang lamban pada minggu penting bagi angka pertumbuhan Jepang dan PMI Jasa ISM AS. Kelambanan terbaru pasangan yen Jepang ini mungkin terkait dengan libur Hari Buruh AS, serta beragam petunjuk mengenai Federal Reserve AS (Fed) dan Bank of Japan (BoJ).

Sebelumnya hari ini, data Basis Moneter Jepang untuk bulan Agustus menunjukkan peningkatan likuiditas dengan pertumbuhan 1,2% YoY dibandingkan -1,3% sebelumnya. Hal yang sama ditambah dengan ekspektasi hawkish pasar dari BoJ untuk mempertahankan pembeli Yen Jepang (JPY) meskipun ada optimisme yang hati-hati di pasar dan pasar obligasi tidak aktif, karena libur AS.

Di tempat lain, sentimen pasar tetap positif karena stimulus Tiongkok ditambah dengan meningkatnya harapan tidak adanya lagi kenaikan suku bunga dari Federal Reserve (Fed) AS.

Analisa Teknikal USDJPY

USDJPY 04092023.jpg

USDJPY mengalami konsolidasi sejak awal perdagangan sesi Asia pasca rebound tajam setelah sempat jatuh hingga ke level 144,43 dan menutup sesi akhir pekan kemarin di level 146,14. Namun, pasangan ini perlahan merangsek naik di pembukaan perdagangan sesi Eropa. Secara teknikal, pasangan USDJPY berpotensi lanjutkan kenaikan. Indikasi ini terlihat pada indikator Relative Strength Index yang saat ini cukup nyaman di atas level 50 yang seakan mengkonfirmasi harga yang berada di atas indikator Simple Moving Average (SMA) 50, 100 dan 200 pada timeframe H2.

Kelanjutan kenaikan ini USDJPY membuka peluang BUY pada level 146,54 yang berpotensi naik ke level 146,67 hingga level 146,78. Sebaliknya, jika tidak cukup kuat, pasangan safe haven ini berpotensi kembali turun menuju level 146,10 hingga kembali ke bawah level support kuat 146,00, dengan potensi SELL pada level 146,25.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.