USDJPY Terdorong Aksi Pembelian Dolar As

Baca artikel di situs FBS

Terlepas dari langkah Bank of Japan (BoJ) minggu lalu untuk men-tweak kebijakan Yield Curve Control (YCC), prospek dovish terus melemahkan Yen Jepang (JPY). Faktanya, Gubernur BoJ Kazuo Ueda menegaskan kembali perlunya mempertahankan dukungan moneter dan mengatakan bahwa bank sentral tidak akan ragu untuk melonggarkan kebijakan lebih lanjut. Selain itu, bank sentral Jepang mengumumkan operasi pembelian utang yang tidak terjadwal pada hari Senin untuk membantu menahan kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah daerah. 

Investor terus mendukung optimisme terbaru atas langkah-langkah stimulus lebih lanjut dari China, membayangi data masuk terkini yang lebih lemah dan tetap mendukung sentimen bullish di seluruh pasar ekuitas global. Selain itu, beberapa aksi pembelian dolar AS (USD) berlanjut sehingga memberikan dorongan tambahan pada pasangan USD/JPY. Faktanya, Indeks USD, yang melacak Greenback terhadap sekeranjang mata uang, naik ke level tertinggi sejak 10 Juli setelah ekspektasi pengetatan kebijakan lebih lanjut oleh Federal Reserve (Fed). 

Selain itu, Ketua Fed Jerome Powell telah mengatakan bahwa ekonomi masih perlu melambat dan pasar tenaga kerja melemah agar inflasi dapat secara kredibel kembali ke target 2%. Sehingga hal ini mendorong imbal hasil obligasi Treasury AS lebih tinggi dan memberikan dukungan kepada Greenback. Pelaku pasar sekarang melihat kalender ekonomi AS, yang menampilkan rilis IMP Manufaktur ISM dan data Pembukaan Pekerjaan JOLTS. Ini mungkin memengaruhi dinamika harga USD, yang, bersama dengan sentimen risiko yang lebih luas, akan memberikan beberapa dorongan pada pasangan USDJPY. Namun demikian, latar belakang fundamental yang disebutkan di atas menunjukkan bahwa jalur yang paling tidak resisten untuk harga spot adalah ke atas.

Analisa Teknikal USDJPY

USDJPYH2.png

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.