USDJPY Tertahan Dekat Level Terendah Mingguan Menjelang Data NFP

Baca artikel di situs FBS

Dolar AS mencoba membentuk kenaikan solid pada perdagangan Jumat (01/09/2023) setelah membalikkan penurunan intraday kemarin, yang menjadi faktor pergerakan pasangan USDJPY. Namun, kenaikan dolar AS terlihat tertahan di tengah ketidakpastian mengenai jalur kenaikan suku bunga Federal Reserve (Fed) ke depannya.

Data makro AS yang dirilis awal pekan ini memicu spekulasi bahwa Fed mungkin terpaksa melemahkan sikap hawkish-nya saat ini. Namun, Indeks Harga PCE AS hari Kamis justru membuat peluang untuk satu lagi kenaikan suku bunga sebesar 25 bps hingga akhir tahun ini masih terbuka.

Prospek pelonggaran kebijakan lebih lanjut oleh Fed menopang pemulihan ringan yield obligasi AS dan mendorong kenaikan dolar AS. Namun, para investor tampak enggan untuk masuk posisi dan menunggu rilis laporan ketenagakerjaan bulanan AS yang sangat diawasi, Non-farm Payrolls (NFP), sebagai petunjuk arah pasar ke depannya.

Sementara itu, sikap yang lebih dovish Bank of Japan (BoJ), bersamaan dengan data makro Jepang yang mengecewakan dan sentimen positif seputar kontrak berjangka ekuitas AS, berpotensi melemahkan Yen Jepang dan membatasi penurunan pasangan USDJPY. BoJ adalah satu-satunya bank sentral di dunia yang mempertahankan suku bunga negatif dan diperkirakan akan tetap bertahan pada kebijakan tersebut.

Analisa Teknikal USDJPY

USDJPY 01092023.jpg

USDJPY memperbarui level terendah mingguan nya, meskipun berhasil pulih dan saat ini diperdagangkan relatif sideway, sedikit di bawah tengah 145.00. Pasangan safe haven ini terus melanjutkan tren Bearish pekan ini setelah gagal menembus ke atas indikator Simple Moving Average (SMA) 200 yang terlihat pada timeframe H2, meski harga tidak jauh di bawah level tersebut. Tren penurunan ini juga terlihat pada indikator Relative Strength Index (RSI) yang masih tertahan di bawah level tengah 50.

Penurunan lebih lanjut USDJPY membuka potensi SELL pada level 145,35 yang berpotensi turun menuju level 145,15/145,05. Sementara jika USDJPY cukup kuat untuk rebound akan membuka potensi BUY pada level 145,73 yang  berpotensi naik menuju level 145,93/146,03.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.