Virus Corona Membuat Penguatan Mata Uang Yen Jepang

Baca artikel di situs FBS

Apa yang terjadi di pasar

Penyebaran virus corona terus meningkat, dimana 2900 orang terjangkit virus ini dan 81 orang meninggal dunia. Ketakutan para pelaku pasar, terus meningkat, sehingga pasar ekuitas diseluruh dunia turun cukup signifikan mulai dari indeks saham Asia sampai ke Amerika Serikat.

Mulai dari sector pabrikan, seperti perakitan mobil asal Jepang Honda, Nissan, dan beberapa merk mobil asal Amerika Serikat dan Eropa mulai mengambil langkah untuk memulangkan pekerjanya ke negara asalnya guna menjaga kesehatan dan keselamatan keluarga mereka.

Beberapa perusahaan memperpanjang liburan tahun baru imlek sampai tanggal 2 bahkan 8 febuari 2020 karena ketakutan akan virus pernapasan yang sangat mematikan ini. Perusahaan Mc Donalds dan Starbuck telah menutup beberapa outlet nya di China, sehingga dapat dipastikan laba mereka akan turun pada kuartal berikutnya.

Saat ini para pelaku pasar masih menunggu hasil pertemuan pejabat WHO dengan pejabat China guna membahas penyebaran virus corona ini. Keputusan WHO akan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi pertumbuhan pasar global kedepannya.

 

Efek Terhadap Pasar

Meningkatnya serangan virus corona tentunya memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi di China dan pasar global. Turunnya pasar ekuitas tentunya akan membuat safe haven kembali diburu, termasuk mata uang Yen Jepang. Pada saat terjadinya ketakutan para pelaku pasar maka mata uang yen Jepang menguat karena aksi Repatriasi, dimana semua permodalan asal negara tersebut kembali masuk sehingga memberikan pembalikan arus modal dan penguatan mata uang.

 

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair USDJPY akan bergerak dalam range 109.27 – 108.68 pada hari ini

Trading Plan :

Sell Limit  109.27 – 109.42 target 108.54 – 108.68

Grafik USDJPY  time frame D1

usdjpy 28 jan.png

 

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.