Bagaimana cara menghasilkan profit menggunakan korelasi Forex?

Baca artikel di situs FBS

Apakah Anda mengenal konsep "korelasi"? Dalam istilah sederhananya, korelasi adalah hubungan timbal balik atau hubungan antara dua hal atau lebih. Anda bisa melihat korelasi di dalam pasar keuangan. Silakan simak satu trik sederhana berikut! 

Coba tebak, kesamaan apa yang dimiliki oleh Google dan Facebook? Ya, keduanya adalah perusahaan terkemuka di AS, sekaligus pengiklan besar. Itu sebabnya dinamika harga saham mereka sangat mirip. Maka dari itu, dengan mengamati grafik harganya, Anda bisa melihat gambaran yang identik. Berikut triknya: ketika salah satunya melamban (lagging), Anda bisa memprediksi kemungkinan potensi pergerakannya cukup dengan melihat 'kembarannya'. Dengan kata lain, jika saham Facebook naik sementara saham Google belum naik, maka saham Google tidak lama lagi akan naik.

Trik ini juga dapat diterapkan pada mata uang! Anda bisa menelusuri tabel di bawah ini untuk melihat korelasi pair (pasangan) yang positif dan negatif. Secara lebih jelasnya, positif berarti kedua mata uang bergerak dengan arah yang sama, sedangkan negatif menandakan pergerakan yang berlawanan. 

Adakalanya, grafik terkorelasi secara menyimpang. Kendati demikian, Anda tetap bisa memanfaatkan korelasi untuk meminimalkan risiko atau bahkan untuk meningkatkan potensi profit Anda. Misalnya, Anda memutuskan untuk melakukan aksi beli pada pasangan AUD/USD. Rahasianya adalah Anda bisa mengambil satu atau dua pasangan mata uang yang berkorelasi dan membelinya juga. Anda bisa melakukan aksi beli pada NZD/USD dan GBP/USD. Jika dua di antaranya naik dan yang ketiga turun, Anda akan untung. Mudah, bukan? Anda juga bisa membandingkan sendiri grafik-grafiknya dan menemukan korelasi yang lain, misalnya antara saham dan pasangan mata uang!

correlation_tips.png

TRADING SEKARANG

Baca lebih lanjut

FBS Analyst Team

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.