1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. 10 Alasan Anda Harus Belajar Membaca Pergerakan Harga
Diperbarui • 2023-08-08

10 Alasan Anda Harus Belajar Membaca Pergerakan Harga

cover.png

Seperti yang dinyatakan oleh Charles Dow, harga adalah pusat data pasar yang sangat baik. Harga memuat semua informasi yang diperlukan, dan pergerakannya menunjukkan situasi pasar secara keseluruhan.

Pergerakan harga (price action) adalah inti dari analisis teknis. Metode ini didasarkan pada penelitian pergerakan harga dari waktu ke waktu. Trader yang menggunakan analisis pergerakan harga ini berusaha membaca pasar dan membuat keputusan trading hanya dengan memeriksa data harga yang ditampilkan pada grafik. Penganut trading dengan pergerakan harga ini percaya bahwa harga aset merupakan elemen terpenting dalam mengambil keputusan. Para trader berpendapat bahwa harga merupakan sumber utama informasi pasar, dan dengan hanya mempelajari pergerakan harganya, Anda dapat meningkatkan peluang sukses.

Artikel ini menjelaskan mengapa setiap trader perlu belajar membaca pergerakan harga, dan menjelaskan keunikan jenis trading ini. Kami akan membahas mengapa trader Forex menyukai metode ini dan aspek apa yang harus Anda pertimbangkan saat melakukan trading pergerakan harga (price action trading).

Perangkat kerja trader berbasis pergerakan harga

Ketika trader menggunakan analisis pergerakan harga, ia mempelajari grafik pergerakan harga secara murni (naked) tanpa indikator tambahan. Untuk memprediksi pergerakan harga masa mendatang dan menentukan titik masuk dan keluar yang tepat, kami menganjurkan trader untuk fokus pada aspek-aspek seperti:

Ini merupakan perangkat dasar bagi trader berbasis pergerakan harga. Namun, para penganut metode ini dapat mengombinasikan hal-hal di atas dalam rutinitas trading mereka. Perlu diingat bahwa trader berbasis pergerakan harga sangatlah pandai membaca grafik, dan berbagai perangkat ini sebatas membantunya dalam proses pengambilan keputusan.

Alasan menggunakan analisis pergerakan harga

Banyak profesional seperti Gary Wagner, Nial Fuller, Kim Krompass, Chris Lori, dan sebagainya, memilih untuk trading secara eksklusif hanya dengan teknik pergerakan harga. Alasannya karena teknik ini dipandang transparan, informatif, komprehensif, dan dapat diandalkan. Harga adalah penyebab dari semua kerugian dan keuntungan, jadi membangun strategi trading dengan analisis pergerakan harga murni tampaknya masuk akal. Sekarang, mari kita dalami mengapa Anda perlu mencoba metode ini.

Kejelasan grafik

Tak dapat disangkal, terdapat perbedaan yang drastis antara grafik pergerakan harga murni dan grafik dengan beberapa indikator teknis. Anda dapat melihat betapa jelas dan mudahnya membaca grafik pergerakan harga tanpa indikator apa pun. Grafik pergerakan harga yang bersih tidak tampak berantakan dengan data tambahan, menampilkan grafik harga tanpa gangguan apa pun.

Kemudian, lihat grafik harga bawah yang penuh dengan indikator. Di sini, Anda dapat melihat empat indikator teknis terpopuler: ADX, Bollinger Bands, MACD, dan stochastic oscillator. Seperti yang Anda lihat, bagian penting dari grafik ini dikhususkan untuk indikator, yang mengurangi ruang untuk bagian fundamental, yaitu grafik harga. Anda tidak perlu menjadi seorang analis untuk mengatakan bahwa banyaknya informasi tambahan pada grafik mengganggu konsentrasi trader pada pergerakan harga itu sendiri.

Dengan membandingkan kedua grafik ini, kita dapat menyimpulkan bahwa grafik pergerakan harga murni jauh lebih transparan dan mudah dilihat, sedangkan berbagai indikator pada grafik yang "berantakan" dapat mengganggu fokus trader, menciptakan banyak variabel bagi trader. Dengan melakukan ini, trader sebenarnya ingin menyederhanakan analisis harga, tetapi pada kenyataannya, ia tidak mendapatkan lebih banyak data prediktif dari grafik yang "berantakan" ini daripada dari grafik pergerakan harga murni.

Contoh grafik pergerakan harga murni:

CREATIVE 2057_1200x675_1 (1).png

Contoh grafik pergerakan harga dengan banyak indikator:

CREATIVE 2057_1200x675_2 (1).png

Terjauhkan dari berita

Satu manfaat yang tidak diragukan lagi dari belajar membaca pergerakan harga adalah terjauhkan dari banyak variabel trading, termasuk berita karena pergerakan harga menunjukkan semua faktor yang mempengaruhinya.

Kita semua tahu bahwa berita sering kali membingungkan dan ambigu. Informasinya bisa kontradiktif dari satu sumber ke sumber lain, jadi sangat menguras energi dan melelahkan untuk mempelajari berbagai berita dan menganalisis dampaknya terhadap pasar.

Metode pergerakan harga memungkinkan Anda mengabaikan aktivitas yang merugikan seperti membaca berita dengan konten yang mengejutkan. Dengan menggunakan metode pergerakan harga, trader dapat menghindari informasi yang berlebihan dan "kelumpuhan analisis". Pergerakan harga hanya mencakup tiga elemen utama yang harus kita pertimbangkan, yaitu tren, grafik, dan level support dan resistance.

Pergerakan harga adalah psikologi manusia

Ketika kita berbicara tentang pergerakan harga suatu aset, kita langsung berpikir tentang berbagai pola grafik, indikator, garis tren, garis horizontal support, dan level resistance; dan otomatis kita membayangkan berbagai peristiwa yang terjadi di dunia tentang GNP atau reputasi perusahaan. Masalahnya, pergerakan harga secara langsung mencerminkan perilaku orang-orang yang beroperasi di pasar. Pergerakan harga adalah psikologi murni dari para trader. Sesederhana itu!

Rumusnya sederhana: ketika seorang trader menemukan peluang bagus untuk memasuki suatu posisi, trader yang lain melihat waktu yang tepat untuk keluar dari pasar. Jadi, para trader memutuskan apa yang sebaiknya dilakukan, berdasarkan pikiran dan emosi mereka. Ketika banyak trader menganggap membuka posisi sebagai keputusan yang bagus, harga akan naik, dan tren bullish akan muncul di pasar. Ketika lebih banyak orang memilih untuk menjual aset mereka, harga akan turun, dan pasar bearish akan terjadi.

Memang benar, saat proses pengambilan keputusan, banyak variabel yang diperhitungkan. Namun, keputusan akhir untuk masuk atau keluar dari pasar merupakan keputusan pribadi yang dibuat oleh masing-masing individu dengan pemikirannya sendiri. Keputusan ini kemudian membuat pergerakan harga yang dapat dilihat semua orang di grafik, dan terlepas dari berbagai faktor yang memengaruhi pergerakan harga, semua hasilnya akan tercermin melalui grafik harga.

Jadi, pergerakan harga adalah segalanya. Pada dasarnya, pergerakan harga adalah bahasa para trader.

Perspektif pasar yang paling relevan

Alasan utama untuk mulai belajar trading dengan pergerakan harga adalah keakuratannya dalam menentukan perspektif pasar yang paling relevan. Karena metode pergerakan harga adalah teknik analisis pasar yang stabil, metode ini tidak memerlukan indikator teknis apa pun untuk memprediksi perubahan pasar masa depan karena telah menyediakan segalanya untuk membuat keputusan trading, tanpa memerlukan jeda atau ekspektasi atas apa yang akan ditunjukkan oleh indikator. Misalnya, banyak trader terjebak oleh indikator harga yang terlambat, menunjukkan perubahan harga yang sudah terjadi. Namun, apakah perlu menunggu data dari indikator dan membuang-buang waktu Anda ketika pergerakan harga murni sudah dapat memberi Anda susunan pergerakan harga yang selalu berulang untuk menganalisis apa yang akan terjadi dan bagaimana situasi pasar saat ini?

Peluang menghasilkan profit dengan meningkatkan kerangka waktu dan menghemat waktu

Manfaat lain dari trading dengan pergerakan harga adalah metode ini akan semakin efektif ketika Anda memilih kerangka waktu yang lebih tinggi, memungkinkan Anda untuk trading dengan frekuensi yang lebih rendah namun lebih akurat. Metode pergerakan harga ini dapat membantu Anda menganalisis grafik lebih cepat. Para trader tentunya telah mengalami secara langsung sulitnya menjalankan trading, dengan mengamati grafik selama berjam-jam dan betapa melelahkannya hal itu. Namun, banyak trader menganggap lebih menguntungkan untuk trade lebih sering dan pada kerangka waktu yang lebih singkat, tanpa menyadari betapa merugikannya strategi ini, bukan hanya dari segi uang tetapi juga waktu.

Saat Anda mengetahui cara menggunakan metode trading dengan pergerakan harga, Anda dapat menghemat waktu secara signifikan, dan trading dengan analisis grafik ringkas tanpa membutuhkan banyak usaha. Bukan rahasia bahwa memiliki rencana trading yang baik berdasarkan pergerakan harga murni dapat menghindari pekerjaan pada kerangka waktu yang singkat atau penyelidikan grafik yang berkepanjangan karena trading jenis ini mengutamakan efisiensi waktu dan usaha. Metode ini mengutamakan konsentrasi dan transparansi.

Pergerakan harga adalah pilihan yang bagus untuk mempelajari semua informasi yang diperlukan dari harga itu sendiri tanpa harus melakukan analisis pasar yang mendalam. Anda cukup memahami dasarnya dan biarkan trading berjalan sendiri untuk menghasilkan profit.

Waktu mengembangkan disiplin trading

Disiplin trading adalah aspek vital yang membantu trader bertahan di pasar yang tidak dapat diprediksi dan tumbuh sebagai seorang profesional. Saat Anda trading dengan metode pergerakan harga yang praktis dan andal, akan menjadi lebih mudah untuk fokus pada sisi psikologis.

Sering kali, trader menjadi kecanduan untuk mengatur metode dan strategi trading sehingga lupa akan tujuan dan hal yang penting dalam trading. Sebenarnya, jauh lebih penting untuk meningkatkan kontrol dan manajemen diri Anda dari hari ke hari untuk mencapai hasil yang maksimal. Reaksi Anda terhadap naik turunnya harga, perencanaan hari, dan stabilitas emosi jauh lebih penting daripada analisis yang melelahkan dan terus-menerus mengembangkan metode trading Anda.

Hal terbaik tentang trading dengan pergerakan harga adalah kemampuan untuk berkonsentrasi pada diri sendiri. Anda tidak perlu terlalu memikirkan efisiensi dari metode trading yang dipilih. Ini merupakan metode analisis pasar yang sudah teruji dan digunakan oleh para trader selama beberapa puluh tahun. Metode ini komprehensif dan menyeluruh.

Identifikasi titik masuk dan keluar yang tepat

Trading dengan pergerakan harga memungkinkan penggunanya untuk meningkatkan kemampuan menentukan waktu terbaik untuk masuk atau keluar dari pasar. Jenis analisis ini melibatkan studi tentang tren, level support dan resistance, serta pola pembentukan candlestick, yang kemudian memberikan data yang diperlukan bagi para trader untuk menentukan waktu yang paling tepat untuk membuka atau menutup posisi. Dengan menggunakan metode pergerakan harga, Anda dapat dengan mudah mendeteksi pergerakan pasar yang penting untuk membuat trading yang menguntungkan. Trading dengan pergerakan harga mengajarkan Anda untuk melihat pasar dengan jelas. Pada saat yang sama, banyak metode lain biasanya mempunyai “area abu-abu” yang dapat menghalangi trader untuk memutuskan waktu yang tepat untuk masuk atau keluar dari pasar.

Manajemen risiko yang efektif

Manajemen risiko dalam trading adalah rencana yang membantu seorang trader untuk mengendalikan kerugiannya dan menjaga rasio risiko-hasil yang sehat. Setiap profesional tahu bahwa rencana manajemen risiko yang efektif adalah kunci kesuksesan, dan analisis pergerakan hargalah yang memungkinkan seseorang membangun rencana yang solid. Pergerakan harga murni memungkinkan trader untuk mempelajari pola harga dan formasi candlestick, yang kemudian memastikan peluang yang sangat baik untuk menilai rasio risiko-hasil dari trading masa mendatang dengan tepat. Dengan bantuan metode pergerakan harga, Anda dapat menentukan level support dan resistance untuk memasang order stop-loss dan mengelola risikonya. Analisis pasar melalui pergerakan harga membuat strategi trading Anda stabil dan efektif, mengurangi risiko, dan meningkatkan profitabilitas jangka panjang.

Minimalisme

Pendekatan pergerakan harga memang bersifat minimalis dan sesuai dengan gaya hidup banyak orang. Pendekatan ini bertujuan untuk meminimalkan faktor pengganggu dan mengurangi kekhawatiran Anda. Jadi, lebih sedikit hal yang perlu dipikirkan dan dikhawatirkan.

Analisis pergerakan harga membuktikan pepatah terkenal, “semakin sedikit yang Anda ketahui, semakin baik,” konsep utama trading dengan pergerakan harga adalah semakin sedikit Anda berinteraksi dengan pasar, semakin tinggi tingkat keberhasilan Anda. Namun, bukan berarti Anda boleh bersantai-santai. Tujuan Anda adalah untuk menyempurnakan keterampilan trading pergerakan harga yang efektif dengan belajar dan bekerja keras.

CREATIVE 2057_1200x675.png

Mengapa trader Forex menggunakan pergerakan harga?

Trading dengan pergerakan harga sangat populer di kalangan trader Forex. Berikut adalah beberapa poin yang membuktikan hal ini:

  • Pasar Forex sangat likuid, dan trading dengan pergerakan harga memungkinkan trader untuk membuka dan menutup posisi dengan lebih mudah dan cepat.
  • Pasar Forex buka sepanjang waktu dan terus berubah. Ini adalah pasar terbesar di dunia. Itu sebabnya banyak spekulan mencoba membujuk trader lain untuk membeli indikator dan robot (EA) Forex tambahan, dengan mengatakan bahwa itu membantu meningkatkan tingkat keberhasilan. Namun, kenyataan membuktikan bahwa mempelajari pergerakan harga merupakan hal yang utama, dan menganalisis apa pun selain harga tidaklah masuk akal. Jadi, hal mendasar yang harus dilakukan dalam Forex adalah tahu cara membaca pergerakan harga murni tanpa indikator.
  • Di pasar Forex, harga cenderung bergerak mengikuti garis tren tertentu. Kemudian, tren mencakup serangkaian titik tinggi yang lebih tinggi (higher high) atau titik rendah yang lebih rendah (lower low), dengan jeda (pullback) dan pembalikan (reversal) yang secara keseluruhan akan menciptakan gelombang yang tajam. Langkah pertama dalam memanfaatkan gelombang ini adalah belajar membaca pergerakan harga dengan titik puncak (peak) dan dasarnya (trough).

Ringkasan

Jadi, trading dengan pergerakan harga adalah pilihan terbaik bagi para profesional. Teknik pergerakan harga memungkinkan trader mempertahankan pandangan yang objektif saat trading. Saat Anda fokus pada aspek yang fundamental (harga), Anda dapat tetap tenang dan tidak menyia-nyiakan perhatian Anda pada hal lain. Pergerakan harga mengutamakan transparansi dan kejelasan. Ini memberi trader data paling akurat untuk menentukan waktu terbaik untuk masuk atau keluar dari pasar.

Analisis pergerakan harga sangatlah penting dalam profesi trading Anda. Kami sangat menyarankan Anda untuk mempelajari cara membaca pergerakan harga dan alat bantu apa saja yang dapat digunakan saat trading dengan pergerakan harga ini. Panduan dan rekomendasi kami akan dapat membantu Anda mempelajari keterampilan penting ini. Bergabunglah bersama kami dan sukseskan perjalanan trading Anda bersama FBS.

  • 903

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera